Sabtu, 28 April 2018 20:03 WITA

Seminar Fakultas Kedokteran UMI Bahas Ilmu Kesehatan Masyarakat

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Seminar Fakultas Kedokteran UMI Bahas Ilmu Kesehatan Masyarakat

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Clinical Education Unit (CEU) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali menggelar seminar ilmiah, di Aula Gedung FK UMI, Sabtu (28/4/2018).

Pemateri pertama, dr. Dahlia mengatakan salah satu ilmu dalam kesehatan masyarakat adalah epidemiologi.  Epidemiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang frekuensi, distribusi serta determinat masalah kesehatan pada sekelompok orang atau masyarakat tertentu.

"Tetapi pada prinsip bahwa epidemiologi digunakan untuk mencari faktor faktor penyebab, bagaimana mengetahui dan menyelesaikannya, serta memgetahui derajat kesehatan masyarakat. Jadi kita bicara dimana kejadiannya, waktunya dan siapa yang kena," kata Dahlia.

Dahlia menambahkan, epidemiologi juga membantu administrasi kesehatan yang pertama untuk planing, monitoring kasus-kasus yang mungkin terjadi di daerah tertentu. Penggunaan study tersebut untuk menanggulangi kesehatan masyarakat.

"Dalam epidemiologi juga kita belajar tentang pengukuran, diantaranya Incidence rate, prevalensi rate, mortality rate, case Fatality rate, dan sebagainya," jelasnya.

Sementara itu, pemateri kedua dr. Rachmat Faisal membawakan materi metodologi penelitian. Menurutnya, teknik penelitian adalah cara untuk mendapatkan suatu data. Ada 4 syarat yang harus dipenuhi yakni masuk akal, empiris ilmiah dan valid.

"Ada dua jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif lebih menonjol disusun dalam bentuk narasi yang bersifat kreatif dan mendalam serta menunjukkan ciri-ciri naturalistik yang penuh dengan nilai-nilai otentik. Sedangkan penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang pada dasarnya menggunakan pendekatan deduktif-induktif," ujar Rachmat.

Seminar yang diikuti sekitar 200-an Mahasiswa Program Profesi Dokter (MPPD) ini rutin dilakukan dengan mengangkat tema yang berbeda-beda. Kali ini, tema yang dibahas yakni Ilmu Kesehatan Masyarakat.