Kamis, 26 April 2018 10:55 WITA

Buruan Daftar, Beasiswa PasTi Kemenristek Dikti Buka Hingga 11 Juni

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Buruan Daftar, Beasiswa PasTi Kemenristek Dikti Buka Hingga 11 Juni

RAKYATKU.COM - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) membuka peluang beasiswa S2 yang ditujukan bagi tenaga kependidikan di perguruan tinggi, PNS di kantor Pusat Kemenrisktedikti, maupun PNS di Kopertis/LLPT. 

Beasiswa S2 dalam negeri ini juga dikenal dengan Beasiswa Pascasarjana Tenaga Kependidikan Berprestasi (PasTi). 2018 ini beasiswa PasTi kembali dibuka dan dapat dilamar secara online di laman Ristekdikti. 

Pendaftaran online dibuka mulai 16 April sampai 11 Juni 2018 mendatang. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi form dan mengunggah dokumen aplikasi seperti yang diminta. Untuk Surat Pernyataan Penugasan tertera di Panduan Beasiswa PasTi yang bisa diunduh di sini.

Adapun jumlah kuota yang disediakan untuk beasiswa PasTi 2018 ini sebanyak 75 orang. Pelamar terpilih nantinya dapat melanjutkan studi S2 di dalam negeri pada sejumlah perguruan tinggi penyelenggara beasiswa PasTi. Perguruan tinggi penyelenggara beasiswa PasTi 2018 di antaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Institut Pertanian Bogor, dan ISI Surakarta. 
 
Beasiswa PasTi meliputi tunjangan biaya hidup rata-rata Rp15 juta per semester, biaya penelitian yang diberikan mulai semester II sebesar Rp4,5 juta, kemudian biaya buku Rp3 juta. Selain biaya tersebut, beasiswa PasTi juga menanggung biaya pendidikan sesuai dengan masing-masing perguruan tinggi, serta biaya perjalanan yang diberikan di awal keberangkatan dan di akhir studi. 

Selain melakukan pendaftaran beasiswa PasTi, calon penerima beasiswa juga harus mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi tujuan. Sementara untuk Program Studi yang dapat dilamar juga dapat dilihat di laman resmi Kementerian.