Senin, 23 April 2018 13:28 WITA

Tingkatkan Kualitas Kampus, YPIM Gelar Pelatihan SPMI

Editor: Nur Hidayat Said
Tingkatkan Kualitas Kampus, YPIM Gelar Pelatihan SPMI

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Yayasan Pendidikan Islam Makassar (YPIM) menggelar pelatihan Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Aula Mega Rezky, Senin (23/4/2018).

Dalam sambutannya, Pembina YPIM Mega Rezky Makassar, Dr H Alimuddin, mengatakan pelatihan ini sangat penting untuk menciptakan output yang bermutu.

"Akreditasi yang baik pada sebuah perguruan tinggi tidaklah cukup. Apalagi pada sekolah kesehatan, kan ada ukomnya (ujian kompetensi), jika peserta ini ikut ukom dan tidak lulus, maka itu berarti pengembangan mutu internal di kampus tersebut kurang baik," ucap saat membukan pelatihan.

Sementara itu, Waka I STIKes Mega Rezky Makassar, Julia Fitria Ningsih, mengaku YPIM dan STIKes memiliki komitmen untuk membangun sistem tata kelola khusus melalui kegiatan SPMI. 

"Kami menggandeng auditor yang telah berpengalaman membimbing akreditasi Perguruan Tinggi, oleh karena itu kesempatan seperti ini harus dimanfaatkan dengan baik," ungkap Julia.

Tingkatkan Kualitas Kampus, YPIM Gelar Pelatihan SPMI

Ia pun berharap, melalui kegiatan ini, civitas akademik lingkup STIKes bisa melakukan pembenahan, dalam peningkatan mutu. "Seluruh civitas akademik lingkup STIKes perlu mengenal mutu, baik mutu akademik maupun non akademik," katanya.

Direktur Upquality, Dr Gunarni, yang menjadi salah satu nerasumber mengungkapkan, SMPI adalah kunci untuk mengelola sebuah perguruan tinggi dengan sistem yang baik. Menurutnya, saat ini, banyaknya peserta ukom yang tidak lulus, masih menjadi perhatian bagi banyak pihak.

"Wilayah Kopertis IX ini peserta ukomnya paling banyak, tapi lulusannya paling sedikit. Fenomena inilah yang membuat saya mempelajari dan meneliti SMPI ini. Mereka harus punya strategi untuk lulus ukom," ungkapnya.

Ia pun berharap, agar STIKes Mega Rezky segera miliki Lembaga Sertifikat Profesi (LSP), karena sertifikat yang dimiliki oleh LSP bisa digunakan untuk mengurus Surat Tanda Registrasi (STR).

"Semua tenaga kesehatan kan harus memiliki STR, nah kalau mau STR, tentu harus ikut ukom dulu, ini yang masih menjadi polemik. Jadi saya harap, Mega Rezky segera punya LSP," tuturnya.

Tingkatkan Kualitas Kampus, YPIM Gelar Pelatihan SPMI

Berdasarkan informasi yang diterima, kegiatan yang diselenggarakan sejak 23-25 April ini diikuti sekitar 96 peserta pelatihan dari lingkup Prodi dan Lembaga se-STIKes Mega Rezky Makassar.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua YPI Mega Rezky Hj Suryani, Waka II Abdul Rahman Waka III Syamsunie Carsel dan Waka IV Hairuddin.