Minggu, 15 April 2018 15:48 WITA

Sebelum Praktik di Rumah Sakit, Begini Persiapan Mahasiswa Ners FKM UMI

Editor: Andi Chaerul Fadli
Sebelum Praktik di Rumah Sakit, Begini Persiapan Mahasiswa Ners FKM UMI

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mahasiswa Program Profesi Ners Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) akan memulai praktik di beberapa rumah sakit di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, 16 April 2018.

Mahasiswa Ners FKM UMI akan mengikuti praktik yang berlangsung selama empat bulan ini. 

Salah satu peserta, Herni Hasan menyampaikan segala persiapan telah dilakukan. Seperti mengikuti pelatihan BTCLS, pembekalan maupun studi literatur untuk menunjang praktek. 

Yang paling utama menurut Herni Hasan yang ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji adalah persiapan fisik dan mental. 

"Persiapan fisik dan mental, karena pastinya akan menguras waktu dan tenaga, apalagi ada target stase yang harus diselesaikan tepat waktu, baik target kelompok dan target individu," jelas Herni saat dihubungi, Sabtu (14/4/2018). 

Mahasiswi kelahiran Laha 5 Mei 1995 ini mengatakan, sebelum turun di rumah sakit seluruh mahasiswa mengikuti Objective Structured Clinical Examination (OSCE) yaitu suatu metode untuk menguji kompetensi klinik secara obyektif dan terstruktur dalam bentuk putaran station dengan waktu tertentu.

"Pengaplikasian yang didapatkan selama OSCE nanti, kita praktikkan di rumah sakit. Perasaan saya sebelum turun praktik itu deg-degan," tutupnya.

Diketahui, 117 mahasiswa Ners FKM UMI akan melaksanakan praktek di RSUD Makassar Daya, RSUD Syeckh Yusuf Gowa, RSUD Haji, RS.TK.II. Pelamonia, RS Ibnu Sina dan RS Bhayangkara.

Tags