Jumat, 13 April 2018 00:45 WITA

Bikin "Mini PBB", MUN Unhas Ajak Pemuda Peka Konflik Sipil Dunia

Editor: Nur Hidayat Said
Bikin
Model of United Nation (MUN) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Community menggelar simulasi konferensi PBB di Hotel Arthama, Kamis (12/4/18).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Model of United Nation (MUN) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Community menggelar simulasi konferensi PBB di Hotel Arthama, Kamis (12/4/18).

Kegiatan yang diselenggarakan 12-15 April ini merupakan yang ketujuh kalinya digelar. Yang mana tiap tahunnya mengangkat tema berbeda. Untuk tahun ini, MUN mengusung "All in Equality, Endowed with Same Dignity".

"Kita sengaja mengangkat tema ini, dimaksudkan bahwa semua orang memiliki hak yang sama," terang Kevin Bonaparte, Ketua Unhas MUN, saat ditemui awak media.

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini, peserta mempresentasikan isu konflik sipil international, seperti yang terjadi di Suriah, Pakistan, Yaman, dan kejadian konflik di negara lainnya.

"Jadi di sini peserta seperti duta besar setiap negara, yang kemudian disuarakan pada kongres PBB yang kemudian konflik tersebut dicarikan solusi bersama," imbuhnya.

Bikin

Kevin berharap, melalui kegiatan ini, pemuda di Indonesia khususnya peserta tentunya dapat lebih peka dalam menanggapi situasi konflik sipil yang saat ini banyak terjadi di belahan dunia. 

"Kita semua tahu, masa depan bangsa ada pada pemudanya," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Makassar MUN, Muhammad Farhan, menuturkan kegiatan kali ini diikuti 73 peserta dari berbagai kampus se-Indonesia.

Beberapa di antaranya, Unhas, UMI, UIN Unibos, Admajaya, UI, ITS, Presiden University, Universitas Brawijaya, dan UGM.

"Bahkan juga ada dari kalangan pelajar seperti SMA 18 dan SMA 12 Makassar. Dan, kegiatan ini tiap tahunnya diapresiasi positif, terbukti peserta meningkat per kali event," kata dia.