Rabu, 11 April 2018 18:46 WITA

Unhas Kembali Asuh 9 Perguruan Tinggi di Papua dan Sulbar

Editor: Adil Patawai Anar
Unhas Kembali Asuh 9 Perguruan Tinggi di Papua dan Sulbar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Hasanuddin Makassar kembali dipercaya untuk mengasuh 9 perguruan tinggi di Papua dan Sulawesi Barat, setelah sebelumnya pada tahun 2017 lalu Unhas dipercaya membina 3 Perguruan Tinggi di Sulawesi Selatan. 

Ini merupakan Program Asuh PT Unggul yang ditawarkan Direktorat Penjaminan Mutu Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Dirjen Belmawa Kemenristekdikti). 

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) Unhas, Prof. Dirayah Rauf Husain menjelaskan, realisasi dari program ini diawali dengan acara Sosialisasi dan Penandatanganan Kontrak antara Dirjen Belmawa Kemenristekdikti dengan 29 perguruan tinggi yang akan menjadi pelaksana Program PT Asuh tahun 2018, yang berlangsung di Hotel Eastpark, Yogyakarta, 6-7 April 2018.

“Ini merupakan wujud kepercayaan Kemenristekdikti terhadap LPMI yang selama ini telah melakukan berbagai langkah strategis untuk mendorong peningkatan mutu internal di Unhas.  Dengan program ini, kita berkesempatan untuk membagi pengalaman dan kompetensi dalam manajemen perguruan tinggi kepada perguruan tinggi lain, sehingga dapat meningkatkan kualitas perguruan tinggi asuh tersebut,” kata Prof. Dirayah, Rabu (11/4/2018) di Kampus Unhas.

Terpilihnya Unhas menjadi perguruan tinggi Penerima PT Asuh Menuju Perguruan Tinggi Unggul ini setelah melalui proses seleksi.

“Kita mengajukan proposal, dan Dirjen Belmawa melakukan seleksi.  Hasilnya, ada 29 perguruan tinggi yang terpilih," sambung Prof. Dirayah.

Untuk tahun 2018 ini, Unhas akan mendampingi 9 perguruan tinggi, masing-masing 6 perguruan tinggi di Wamena, Kabupaten Jaya Wijaya, Propinsi Papua, dan 3 PT di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Adapun tujuan utama program ini adalah memfasilitasi perguruan tinggi unggul (yaitu yang telah memiliki akreditasi institusi A) untuk memberikan bimbingan terhadap perguruan tinggi yang masih membutuhkan pendampingan untuk meningkatkan kualitasnya. Perguruan tinggi yang dibimbing telah memiliki Akreditasi C, dan dengan pendampingan diharapkan akan meningkatkan akreditasinya.

Tags