Jumat, 06 April 2018 18:26 WITA

Makalah Solusi Alat Tangkap Ikan, Mahasiswa UMI Unjuk Gigi di Pentas Internasional

Editor: Nur Hidayat Said
Makalah Solusi Alat Tangkap Ikan, Mahasiswa UMI Unjuk Gigi di Pentas Internasional

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Irwan Ardiansyah, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Universitas Muslim Indonesia (UMI),  memublikasikan makalah inovasinya dalam bidang kewirausahaan di Malaysia.

Hal tersebut dicapai setelah Irwan berhasil dinyatakan lolos mewakili Indonesia dari 20 peserta individu yang berasal dari seluruh negara di Asia Tenggara.

Kompetisi Malaysian Global Innovation and Creativity Centre, Cyberjaya, ini dilaksanakan Student International bekerja sama Malaysian Global Innovation and Creativity Centre (Magic).

Dekan Fakultas Ilmu Komputer UMI, Dr A Dirgahayu A Lantara, mengatakan pestasi yang ditorehkan Irwan ini mendapat apresiasi dari segenap civitas akademik lingkup UMI.

"Ananda kita (Irwan) mampu memadukan prestasi dalam bidang akademik dan bidang organisasi," katanya, Jumat (6/4/2018).

Makalah Solusi Alat Tangkap Ikan, Mahasiswa UMI Unjuk Gigi di Pentas Internasional

Irwan Ardiansyah.

Dirgahayu mengatakan, dalam Event GIW yang menangkat tema "Designing The Future as An Entrepreneur", pihaknya telah menerima surat dari Kemenristekdikti Nomor 1020/B3.1/KM 2018, tentang pengumuman program Kreativitas Mahasiswa.

"Irwan dinyatakan lolos dengan judul Kolaborasi Fine-Tech (Fish Net and Technology), sebagai Solusi Permasalahan Penggunaan Alat  Tangkap Surface Gill Net & Hasil Tangkap Nelayan di Kelurahan Untia Biringkanaya," terang Dirgahayu.

Ia menambahkan, Irwan berhasil mendapatkan dana hibah dari pemerintah diskim PKM-T dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang.

Dalam PKM yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek-Dikti ini, Irwan dibimbing oleh dosen pendamping, yakni Lilis Nur Hayati, serta alumni Fakultas Teknik UMI.