Rabu, 04 April 2018 08:12 WITA

Ujian Berbasis Android Siswa Sulsel Viral di Media Sosial

Editor: Jumardin Akas
Ujian Berbasis Android Siswa Sulsel Viral di Media Sosial

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berbasis android siswa SMA/SMK di Sulsel menjadi viral di media sosial. Ujian dengan smartphone ini memang baru pertama kali dilakukan di Indonesia.

Inovasi yang digagas Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel ini menuai pujian dari para warganet. Cara ini dinilai lebih efektif dan efisian serta mengikuti perkembangan zaman.

Akun instagram @indozone.id dan @faktanyagoogle ikut memposting foto salah seorang siswa yang tengah ujian menggunakan android. Unggahan ini mendapat puluhan ribu like dari warganet.

Ujian Berbasis Android Siswa Sulsel Viral di Media Sosial

Akun @fajarfirdaus_08 menulis "ternyata setelah saya baca, cara ini sangat efektif," tulisnya.

Banyak juga yang mengucapkan selamat dan berharap cara ujian seperti ini bisa diterapkan di banyak tempat. "Mari ucapkan amin, mudah-mudahan sukses terus programnya,"tulis akun @_iinidee_.

Ujian Berbasis Android Siswa Sulsel Viral di Media Sosial

Ujian berbasis android gagasan Kepala Disdik Sulsel Irman Yasin Limpo ini telah diterapkan di sejumlah sekolah. Beberapa kabupaten/kota di Sulsel telah menerapakan saat USBN lalu.

Irman mengatakan, akan terus mendorong sekolah untuk bisa USBN berbasis komputer bahkan android. "Terobosan ini memang kita uji coba di tahun ini dan ternyata sukses," katanya.

Menurutnya, soal telah dibuat di aplikasi khusus yang bisa langsung dikerjakan siswa lewat smartphone. Menurut Irman, dengan android, siswa juga merasa lebih nyaman dan mudah.

Untuk urusan keamanan, siswa tidak akan mudah untuk mengakses internet karena aplikasi selain bank soal dikunci. "Jadi ini sangat memudahkan bagi siswa. Kementerian pendidikan juga memberi apresiasi tinggi atas terobosan ini," kata None, sapaan Irman menanggapi viralnya ujian dengan android ini.