Selasa, 03 April 2018 21:44 WITA

Gara-gara Pasta Gigi Kemangi, Mahasiswa FTI UMI Dapat Hibah Kemenristek Dikti

Editor: Abu Asyraf
Gara-gara Pasta Gigi Kemangi, Mahasiswa FTI UMI Dapat Hibah Kemenristek Dikti
Miftahul Jannah

RAKYATKU.COM - Satu lagi mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia menunjukkan prestasi membanggakan. Kali ini Miftahul Jannah, ketua Himpunan Teknik Kimia FTI-UMI.

Proposal penelitian berjudul "Inovasi Pasta Gigi Antiplak dan Antiseptik dari Daun Kemangi dan Daun Binahong" dinyatakan lolos untuk mendapatkan dana hibah. Miftahul Jannah sukses mencuri perhatian tim seleksi.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang ini diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti).

Lolosnya Miftahul Jannah diumumkan melalui laman resmi Kemenristek Dikti, Selasa (3/4/2018). Berikut surat yang ditujukan kepada para rektor dan koordinator kopertis di Indonesia:

Yth. 
1. Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta,
2. Koordinator Kopertis Wilayah I s.d XIV

Diberitahukan dengan hormat bahwa kami telah melakukan seleksi proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang untuk pendanaan tahun anggaran 2018. Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami sampaikan daftar PKM 5 bidang yang didanai.

Kami sampaikan bahwa mekanisme penyaluran dana hibah akan dilakukan melalui kontrak kerja antara Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan dengan Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Koordinator Kopertis Wilayah. Berkenaan dengan hal tersebut, bersama ini kami kirimkan daftar isian terlampir untuk diisi dan mohon segera dikirim kembali melalui email kreativitas.belmawa@gmail.com paling lambat tanggal 10 April 2018.

Mengingat pelaksanaan kegiatan PKM tahun 2018 dimulai setelah penandatanganan kontrak dan akan dilakukan monitoring dan evaluasi pada bulan Juli 2018, kami mohon agar Saudara segera menyiapkan penugasan mahasiswa yang bersangkutan untuk melaksanakan kegiatan, serta melakukan pemantauan pelaksanaannya.

Informasi yang terkait dengan penandatanganan kontrak akan disampaikan kemudian melalui laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/ dan https://simbelmawa.ristekdikti.go.id.

Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami mengucapkan terima kasih.

Direktur Kemahasiswaan

ttd

Didin Wahidin

Tembusan Yth.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Wakil/Pembantu Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswan PTN dan PTS
Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah I s/d XIV

Surat itu juga memuat daftar judul penelitian yang dinyatakan lolos untuk mendapatkan dana hibah dari Kemenristek Dikti. Untuk melihat daftar selengkapnya klik DI SINI.

Gara-gara Pasta Gigi Kemangi, Mahasiswa FTI UMI Dapat Hibah Kemenristek Dikti

Dekan Fakultas Teknologi Industri UMI Makassar, Ir Zakir Sabara ST, MT, IPM, ASEAN Eng bangga terhadap prestasi yang diraih mahasiswanya.

"Kami bangga, karena selain sukses sebagai perempuan yang menjadi ketua lembaga mahasiswa, juga mampu menunjukkan prestasi akademik," ungkap Zakir yang dikenal sebagai salah seorang dekan paling inovatif di UMI ini.

"Kami berharap ke depan semakin banyak pengurus lembaga yang menunjukkan kemampuan dan prestasi di bidang akademik," tambah Zakir.

Sebelumnya, empat judul mahasiswa FTI-UMI Makassar dinyatakan lolos dalam penugasan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Hal tersebut tertuang dalam lampiran surat Kementerian Ristekdikti Nomor 1020/B3.1/KM/2018 tentang Penugasan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang tahun 2018.