Senin, 02 April 2018 17:27 WITA

Disdik Sulsel Siap Ikuti Aturan Menhub Perpanjang Libur Siswa

Editor: Adil Patawai Anar
Disdik Sulsel Siap Ikuti Aturan Menhub Perpanjang Libur Siswa
None.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memiliki solusi untuk mengatasi kemacetan saat mudik, salah satunya yaitu memperpanjang hari libur anak sekolah. 

Menanggapi usulan dari Menhub tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel Irman Yasin Limpo mengapresiasi usulan Menhub dan siap melaksanakan kebijakan ini jika diterapkan.

Hanya saja, ia belum bisa berkomentar lebih jauh, apakah ini efektif atau tidak untuk dilakukan. Pasalnya, Irman mengaku belum punya data terkait korelasi antara libur sekolah dengan menurunnya angka kemacetan.

"Tapi kalau pemerintah pusat setuju kami sisa ikut. Siap saja kalau itu menjadi kebijakan," kata Irman.

Sementara Sekretaris Disdik Sulsel, Setiawan Aswad menambahkan, usulan ini cukup solutif. Namun, mungkin tidak bisa diberlakukan sama, pada semua daerah.

Untuk kabupaten/kota yang gelombang arus mudiknya cukup tinggi, SMA/SMK di Makassar misalnya, dan tentunya dengan persetujuan disdik provinsi, usulan ini dapat dipertimbangkan. 

"Prinsipnya, penambahan waktu libur ini seharusnya tidak mengganggu ritme proses pembelajaran di sekolah. Khususnya jam minimal mata pelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan," tutupnya.