Senin, 02 April 2018 13:06 WITA

PNUP Buka Pendaftaran Kelas Ikatan Dinas PLN, Berikut Mekanismenya

Penulis: Nur Izzati
Editor: Nur Hidayat Said
PNUP Buka Pendaftaran Kelas Ikatan Dinas PLN, Berikut Mekanismenya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru program studi (prodi) D3 kelas kerja sama PT PLN (Persero) tahun akademik 2018/2019.

Pendaftaran akan dilaksanakan pada 2-19 April. Untuk tahun ini, PNUP akan menerima mahasiswa baru kelas kerja sama program studi D3 Teknik Listrik dengan daya tampung 50 orang yang dibagi menjadi dua kelas.  

Direktur PNUP, Dr Ir Hamzah Yusuf, mengatakan hingga saat ini PNUP telah mendidik delapan angkatan kelas kerja sama PLN, sejak dimulai 2010 lalu. Sudah meluluskan lima angkatan yang bekerja dan ditempatkan di seluruh wilayah kerja PLN se-Indonesia.

Menurut Hamzah, program ini bertahan karena lulusan yang telah tersebar bekerja di seluruh kantor PLN memperlihatkan kinerja yang baik. Itu menjadi bukti PNUP mampu menghasilkan lulusan sesuai standar yang telah ditetapkan PLN.

"Pola pembelajaran pendidikan vokasi yang PNUP terapkan juga menjadi salah satu alasan mengapa PLN masih memberikan kepercayaan kepada PNUP, untuk tetap menjalankan program kelas kerja sama tersebut dengan jumlah peminat yang sangat banyak setiap tahunnya," papar Hamzah, Senin (2/4/2018).

Pembantu Direktur I PNUP, Ibrahim Abduh, menuturkan seleksi yang dilakukan pada penerimaan calon mahasiswa baru kelas kerja sama PNUP-PLN memang sedikit berbeda dengan penerimaan calon mahasiswa baru PNUP lainnya.

"Mereka harus melewati beberapa tahapan tes yang ketat dengan langsung melibatkan pihak internal PLN," katanya.

Ia juga menjelaskan, hal tersebut dilakukan karena prodi D3 kelas kerja sama PNUP-PLN merupakan program pendidikan yang menggunakan sistem gugur dengan sejumlah persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak PLN. Nantinya, lulusannya langsung mengikuti diklat prajabatan PT. PLN (Persero), sebagai prasyarat untuk diangkat menjadi pegawai PT. PLN (Persero) jika selama masa studi lima semester di PNUP memenuhi syarat.

"Tujuan utama yang hendak dicapai dari kelas kerja sama ini adalah untuk memenuhi kebutuhan rekrutmen pegawai di PT PLN (Persero) dan menjamin sepenuhnya bagi luaran program ini untuk diikutkan dalam diklat prajabatan dan selanjutnya diterima serta diangkat sebagai pegawai PT PLN (Persero)," terangnya.

Ibrahim melanjutkan, lulusan kelas kerja sama tersebut sejak awal sudah dipersiapkan untuk mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh pihak PLN.

"Di samping itu, juga dalam hal penyediaan SDM yang tidak hanya mahir secara konseptual, tetapi juga mahir secara praktik karena begitu selesai kuliah para lulusannya langsung diterima bekerja," ujarnya.

Loading...

Seleksi penerimaan/ujian masuk calon peserta kelas kerja sama PNUP-PLN ini mengikuti ketentuan sistem rekrutmen pegawai yang berlaku di lingkungan PLN dan ketentuan penerimaan calon mahasiswa PNUP. 

Seleksi penerimaan akan dilaksanakan dengan tahapan seleksi adminstrasi, tes kemampuan akademik, tes psikologi, tes kesehatan fisik, tes kesehatan laboratorium, dan wawancara. 

Untuk pelaksanaan seleksi adminstrasi dan tes kemampuan akademik akan dilaksanakan oleh PNUP sedangkan tes lainnya akan dilaksanakan langsung oleh PLN. 

Mata pelajaran yang diujikan baik untuk program kelas kerja sama PNUP-PLN adalah fisika, matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. 

Berikut syarat pendaftarannya:

1. Lulusan SMK rumpun Teknik Elektro atau SMA/MA jurusan IPA
2. Kelahiran tahun 1998 dan setelahnya
3. Sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki ketunaan yang mengganggu kelancaran program studi dan pekerjaan, tidak buta warna total atau sebagian, tidak bertindik, dan tidak bertato
4. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama proses pendidikan
5. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan (Surat Keterangan Catatan Kriminal dari kepolisian dilampirkan).
6. Bebas narkoba dan zat adiktif lainnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba dari kepolisian atau rumah sakit dilampirkan)
7. Bersedia ditempatkan di seluruh Unit PT PLN (Persero) di seluruh Indonesia.

Alur pendaftaran:

1. Membayar biaya pendaftaran di PNUP (dapat diwakili)
2. Mengisi biodata online di http://pmbpln.poliupg.ac.id (paling lambat 19 April 2018 pukul 23.59 Wita)
3. Mencetak kartu peserta secara online

Tahapan seleksi: 

1. Pendaftaran: 2-19 April
2. Tes akademik: 21 April
3. Pengumuman hasil tes akademik: 23 April
4. Tes psikologi: 26 April
5. Pengumuman hasil tes psikologi: 7 Mei
6. Tes kesehatan fisik: 9 Mei
7. Pengumuman hasil tes kesehatan fisik: 12 Mei
8. Tes kesehatan laboratorium penunjang: 15 Mei
9. Pengumuman hasil tes kesehatan laboratorium : 18 Mei
10. Wawancara: 21-22 Mei
11. Pengumuman akhir: 26 Mei
12. Registrasi bagi yang lulus: 30-31 Mei

Tags
Loading...
Loading...