Sabtu, 31 Maret 2018 20:55 WITA

FKIP Unismuh Bakal Terapkan Sistem Pembelajaran Daring

Editor: Andi Chaerul Fadli
FKIP Unismuh Bakal Terapkan Sistem Pembelajaran Daring

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) menggelar workshop Sistem Pembelajaran Daring (Spada) In-On-In, di Gedung FKIP Unismuh, Sabtu (31/3/2018).

Dekan FKIP Unismuh, Erwin Akib mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk menjawab tantangan perkembangan zaman yang menuntut setiap perguruan tinggi, untuk mampu mengembangkan pembelajarannya dengan berbasis dalam jaringan (Daring).

"Insyaa Allah, kegiatan workshop ini akan kita terus lakukan sampai semua dosen yang ada di lingkup FKIP bisa memahami dan mengimplementasikan dalam proses belajar mengajar," katanya.

Menurut lelaki yang akrab disapa Erwin ini, mata kuliah yang sudah di-daring kan ini sangat penting bagi dosen dan mahasiswa.

"Hal ini memberikan kemudahan bagi para mahasiswa untuk mengakses materi dan memahami materi perkuliahan yang diberikan oleh dosennya," ungkap Erwin.

Ia menambahkan, pihaknya sengaja mengadakan workshop per-angkatan, yang nantinya akan ada model pendampingan bagi dosen-dosen dalam lingkup FKIP.

"Yang belum ikut, tentu akan didampingi oleh yang sudah mengikuti kegiatan tersebut dan juga memang kami ada tim khusus untuk itu," tuturnya.

"Kegiatan ini kita harapkan sebagai pilot project di Unismuh, karena setahu kami untuk Spada dengan konsep Daring ini baru kami yang memulai dalam lingkup unismuh makassar," imbuh Erwin.

Berdasarkan informasi yang diterima, dari workshop tersebut, telah dihasilkan 36 mata kuliah yang berbasis Daring untuk 11 Prodi yang ada di FKIP. Berikut daftar Prodi di lingkup FKIP yang telah berbasis daring.

-Prodi Fisika:
Telaah Kurikulum SMA, Pendahuluan Fisika Inti, Aplikasi Komputer, Elektronika Dasar, Media Pembelajaran Fisika, Fisika Dasar I dan Statistik Dasar.

-Prodi Teknologi Pendidikan:
Pengantar Teknologi Pendidikan, Analisis Perencanaan Pendidikan, Dasar - Dasar Produksi Media E learning.

-PGSD:
Pembelajaran IPS SD, Pembelajaran IPA SD
Matematika 2, Pembelajaran Bahasa, Indonesia Kelas Rendah.

-Prodi Bahasa Inggris:
Essay Writing, Structure 2

-Prodi Sosiologi:
Kajian Sosial Politik dan Keagamaan, Sosiologi Pendidikan

-Prodi Matematika:
Matematika Diskrit, Program Linier, Kalkulus.

-Pendi Biologi:
Multimedia Pembelajaran Biologi, Biologi Dasar.

-PAUD:
Olahraga Anak Usia Dini

-Senirupa:
Seni Tari