Jumat, 23 Maret 2018 16:36 WITA

PIP-BP2IP Cetak 1.212 Perwira Pelayaran Baru

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
PIP-BP2IP Cetak 1.212 Perwira Pelayaran Baru

RAKYATKU, MAKASSAR - Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melantik 1.212 Perwira Pelayaran pada Jumat (23/3/2018), di Dermaga Pelabuhan Perikanan Untia, Salodong, Makassar. Pelantikan tersebut dipimpin oleh Kepala BPSDMP, Djoko Sasono. 

Seluruh perwira yang yang dilantik merupakan lulusan dari Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makasar dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong.

Dalam sambutannya, Djoko Sasono mengatakan, gelar sebagai seorang Perwira diperoleh melalui perjuangan dan membutuhkan pengorbanan. Perwira pelayaran merupakan legalitas yang memiliki makna dan nilai moral yang harus melekat dalam perjalanan karir. 

"Sehingga ketika Anda kembali ke lingkungan keluarga dan berada di tengah-tengah masyarakat, maka jadikanlah diri Anda sebagai panutan dan bermanfaat di mana saja Anda berada," ujarnya. 
 
Dia melanjutkan, tanggung jawab moral sangat bergantung pada integritas perwira, dan diharapkan agar para perwira baru ini mengingat bahwa di balik kesuksesannya terdapat peran orang tua, dosen, instruktur, keluarga, masyarakat dan pemerintah.

"Oleh karena itu selain untuk kepentingan saudara gunakanlah ilmu yang telah diperoleh untuk kepentingan bangsa dan negara Republik Indonesia," tambahnya. 

PIP-BP2IP Cetak 1.212 Perwira Pelayaran BaruLapangan kerja di pelayaran, lanjutnya, masih terbuka luas. Untuk itu, Kemenhub melalui BPSDMP juga memberikan kesempatan kepada masyarakat yang kurang mampu untuk mengikuti diklat pemberdayaan masyarakat secara gratis, agar mereka juga berpeluang untuk berkarir di sektor transportasi.

"Saya minta kepada para pimpinan lembaga diklat di lingkungan BPSDMP untuk terus mengoptimalkan sarana prasarana diklat guna menjamin mutu keterampilan dan kompetensi bagi para lulusan diklat pemberdayaan, dengan menampilkan kekuatan keunggulan yang dimiliki," tegasnya.

Sementara itu, Direktur PIP Makassar, H Irwan, menyampaikan bahwa lulusan PIP Makassar sebanyak 532 orang yang terdiri dari Program Diploma IV, Diklat Pelaut I (DP I), DP II dan DP III.

"Diploma IV sebanyak 248 orang, Nautika 131 dan Teknika 117 orang. Untuk DP IU kita luluskan 74 orang, DP II 50 orang orang, dan DP IV 222 orang orang," jelasnya.

Wahid juga menambahkan bahwa DP I terdiri dari ANT-I sebanyak 35 orang dan ATT-I sebanyak 33 orang. Untuk DP II adalah ANT-II sebanyak 63 orang dan ATT-II 44 orang. "Untuk DP III, ANT-III 99 orang dan ATT-III 84 orang," tambahnya.

Sementara Kepala BP2IP Barombong, Mashudi Rofik, menyebutkan, semua lulusannya berjumlah 681 orang.

"Lulusan kompetensi ANT III sebanyak 60 orang. Lulusan kompetensi ATT III sebanyak 53 orang. Lulusan kompetensi ANT IV sebanyak 176 orang Lulusan kompetensi ATT IV sebanyak 169 orang.  Lulusan kompetensi ANT IV sebanyak 140 orang lulusan kompetensi ATT IV sebanyak 82 orang," katanya.