Jumat, 09 Maret 2018 23:12 WITA

Sekolah di Sulsel 100 Persen UNBK, Menteri Pendidikan: Wajib Dicontoh

Editor: Adil Patawai Anar
Sekolah di Sulsel 100 Persen UNBK, Menteri Pendidikan: Wajib Dicontoh
Muhadjir Effendy.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy merasa kagum terhadap persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sulsel. 

Sebab, katanya, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel, Irman Yasin Limpo melaporkan kepada Mendikbud bahwa pelaksanaan UNBK SMA/SMK dan SLB di Sulsel tahun ini seluruhnya menggunakan UNBK.

Katanya, semenjak diberlakukannya UNBK, baru provinsi Sulsel yang pertama kalinya melaksanakan UNBK 100 persen. Baik itu sekolah yang ada di remote area maupun yang di perkotaan. 

"Alhamdulillah menurut laporan Kadisdik Sulsel untuk Sulsel tahun ini, SMK/SMA di Sulsel semuanya melaksanakan UNBK.  Saya terima kasih atas dukungannya saya mohon untuk provinsi lain untuk mencontoh Sulsel," ujar Muhadjir Effendy. 

Karena katanya, pelaksanaan UNBK merupakan pilihan strategis untuk menghindar dari praktek-praktek kecurangan di lapangan. Dengan, melaksanakan UNBK tidak akan meminimalisir kecurangan di lapangan. 

"UNBK ini untuk menjaga marwah kewibawaan usia nasional kita untuk terhindar dari praktek kecurangan. 
Sementara untuk standar kelulusan, kita lebih fokus kepada kejujuran dulu, kemudian menyusul kualitas," ungkapnya. 

Menurutnya, apalah artinya jika nilai bagus tapi hasilnya curang atau tidak jujur.

"Lebih baik kalau hasilnya tidak  bagus dan tidak curang. Tapi sebenarnya lebih bagus kalau nilai bagus dan juga tetap jujur," tutupnya.