Jumat, 09 Maret 2018 22:37 WITA

Menteri Pendidikan Kagum Terobosan yang Dilakukan None

Editor: Adil Patawai Anar
Menteri Pendidikan Kagum Terobosan yang Dilakukan None
Mendikbud, Muhadjir Effendy

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengakui jika terobosan yang lahir dari ide Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel, Irman Yasin Limpo (None) patut dicontoh provinsi lain. 

Sebab terobosan tersebut mampu mendongkrak pendidikan yang ada di provinsi Sulsel. Pendidikan di Sulsel sangat maju dengan terobosan atau inovasi-inovasi yang di lahirkan Disdik Sulsel. 

"Bagus untuk Sulsel sangat bagus sekali harus dicontoh oleh provinsi lain, " singkat Muhadjir Effendy. 

Salah satu inovasi yang lahir dari kepala Irman Yasin Limpo adalah e-panrita. E-panrita tersebut diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla tahun lalu. 

E-panrita baru pertama kali di Indonesia, Mendikbud mengaku jika e-panrita sangat efektif untuk memantau seluruh guru yang ada di Sulsel. Sebab, setiap hari guru harus mengabsen lewat e-panrita. 

Jika guru tidak mengabsen setiap hari lewat e-panrita otomatis gaji guru tersebut akan terpotong. Muhadjir Effendy mengatakan, e-panrita tersebut sudah sejalan dengan peraturan baru yang akan diterapkan oleh Mendikbud. 

"Aturan baru yang akan kita terapkan sudah sesuai dengan absensi yang di terapkan oleh Disdik Sulsel selama ini, kita sudah sejalan dengan Disdik tentang penerapan absensi guru," katanya. 

Selain terobosan e-panrita, tahun ini Disdik Sulsel menjamin semua sekolah di Sulsel baik itu SMA, SMK dan SLB, wajib mengikuti ujian dengan UNBK. 

"Ini baru pertama kali di Indonesia dan wajib di jadikan contoh provinsi lain, Sulsel berhasil memperlakukan UNBK di semua sekolah," tutupnya.