Jumat, 09 Maret 2018 13:39 WITA

Farmasi UMI Bakal Gelar Penyuluhan Penggunaan Obat di 20 Sekolah

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Farmasi UMI Bakal Gelar Penyuluhan Penggunaan Obat di 20 Sekolah

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) akan kembali melaksanakan kegiatan penyuluhan Penggunaan Obat, di beberapa SMA yang ada di Kota Makassar.

Sebelumnya, pihak Fakultas Farmasi UMI menggelar penyuluhan ini di puskesmas, namun kali ini, lokasi penyuluhannya dirubah, dengan alasan agar banyak segmen yang bisa menerima informasi tentang penggunaan obat ini.

"Memang rutin kita adakan tiap semester. Ini salah satu kegiatan pengabdian kita terhadap masyarakat," ujar Koord Promosi Kesehatan, Blok Pengobatan Rasional, Farmasi UMI, Hendra Herman, Jumat (9/3/2018).

Ia menambahkan, sebanyak 12 dosen dan 90 mahasiswa Profesi Apoteker, akan terlibat dalam kegiatan penyuluhan ini. 

"Kegiatan ini dilakukan, agar masyarakat bisa lebih mengenal lagi tentang obat, bisa terhindar dari penggunaan obat yang tidak rasional, dan tahu tentang efek sampingnya," kata dia.

Menurut lelaki yang akrab disapa Herman ini, pengetahuan masyarakat akan penggunaan obat, harus lebih ditingkatkan lagi. Pasalnya, tak sedikit masyarakat yang tahu merek obat, namun tidak mengetahui kandungan dalam obat tersebut.

"Misalnya obat Paracetamol. Tidak banyak yang tahu, obat merek Pamol atau Panadol itu isinya parecetamol juga. Jadi nanti kita juga akan jelaskan terkait itu semua," katanya.

Kegiatan penyuluhan Penggunaan Obat ini ini akan digelar di 20 SMA di Makassar, beberapa diantaranya yakni SMAN 22, SMAN 4, SMAN 15, SMAN 16, SMAN 9 dan SMAN 13.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini, masyarakat bisa lebih selektif lagi dalam penggunaan obat, tidak ada lagi penyalahgunaan obat dan bisa mengenal lagi sosok apoteker sebagai ahli obat," harapnya.