Rabu, 07 Maret 2018 14:35 WITA

Sekolah Islam Al-Azhar Tingkatkan Kualitas Pendidikan Melalui SDM

Editor: Andi Chaerul Fadli
Sekolah Islam Al-Azhar Tingkatkan Kualitas Pendidikan Melalui SDM

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tenaga pendidik memiliki peran yang cukup besar dalam menciptakan kualitas dan mutu pendidikan bagi para siswa.

Menyadari hal itu, Sekolah Islam Al-Azhar menerapkan sistem pengelolaan sumber daya manusia (SDM) secara berkelanjutan. Banyak program yang dilakukan. Salah satunya, rutin menggelar pelatihan dasar untuk guru. 

Direktur Sekolah Islam Al-Azhar, Drs. Jasman Luasin mengungkapkan, terdapat 8 standar nasional pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, diantaranya Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, dan Standar Penilaian Pendidikan.

"Semuanya penting, namun jika harus mengurutkan, maka SDM yang pertama. Seorang guru harus memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran, Karena mereka ini motoriknya," katanya, Rabu (7/3/2018).

Menurut lelaki kelahiran 23 Maret 1954 ini, meski suatu tempat belajar memiliki sarana dan prasarana yang memadai, namun tidak didukung dengan SDM yang berkomptensi, maka hal itu dapat merugikan para siswa.

Sekolah Islam Al-Azhar Tingkatkan Kualitas Pendidikan Melalui SDM

"Di sini (Sekolah Islam Al-Azhar), kita pantau, bagaimana pendekatannya mereka (guru) pada siswa, bagaimana memanajemen waktunya. Ini salah satu upaya, untuk mengelola SDM yang baik dan berkualitas," katanya.

Saat ini, Sekolah islam yang terletak di Jalan Aroepala ini telah memiliki jumlah siswa sebanyak 1300 orang. Jumlah ini dari empat jenjang pendidikan, yakni KB-TK, SD, SMP dan SMA. Sementara untuk guru dan karyawan secara keseluruhan berjumlah 205 orang.

Berita Terkait