Rabu, 07 Maret 2018 08:16 WITA

Mau Jadi Bidan Profesional yang Mahir Bahasa Asing? FKM UMI Jawabannya

Editor: Aswad Syam
Mau Jadi Bidan Profesional yang Mahir Bahasa Asing? FKM UMI Jawabannya
Salah satu kegiatan di FKM UMI

RAKYATKU, MAKASSAR - Salah satu tenaga kesehatan yang berperan penting dalam melayani masyarakat adalah bidan. Menurut undang-undang di Indonesia, bidan diartikan sebagai seorang perempuan yang telah lulus dari pendidikan kebidanan, yang telah teregistrasi sesuai ketentuan peraturan perundangan-undangan.

Karena untuk mendapatkan statusnya, harus memenuhi berbagai persyaratan yang dicantumkan oleh undang-undang, pendidikan ini menjadikan seorang bidan sebagai tenaga profesional kesehatan yang terlatih. Seseorang bisa menjadi bidan dan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, jika telah menempuh pendidikan minimal Diploma 3 (D3) Kebidanan.

Berbicara tempat kuliah untuk menjadi bidan, pastinya mencari kampus terbaik. Salah satunya yang bisa menjadi pilihan anda adalah Program Studi (Prodi) Kebidanan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI). 

Prodi Kebidanan FKM UMI, memiliki sejumlah keunggulan terutama di bidang asuhan kesehatan dengan menerapkan nilai-nilai Islam.

Salah satu dosen Kebidanan FKM UMI, Sundari SST, MPH mengaku, seluruh fasilitas penunjang akademik Prodi Kebidanan FKM UMI, peruntukannya semata-mata hanya untuk pengembangan kualitas mahasiswa dan dosen.

"Alhamdulillah kalau soal fasilitas, kami telah melakukan berbagai pembenahan dan sampai saat ini. Pengurusan re-akreditasi Prodi juga sementara kami godok," ujarnya.

Beberapa keunggulan Prodi Kebidanan FKM UMI yang disampaikan di antaranya;

1. Prodi Kebidanan FKM UMI menghasilkan keluaran yang mampu berdaya saing dan berbasis nilai-nilai Islam dalam memberikan asuhan kesehatan.

2. Berkuliah di Kebidanan FKM UMI, bisa memiliki dua gelar dengan program double degree karena bekerja sama dengan Akademi Bahasa Asing (ABA) UMI. Jadi selain Bahasa Arab, mahasiswa keluaran Kebidanan, juga dapat mahir berbahasa Inggris.

3. Dari keseluruhan jumlah dosen, rata-rata bergelar minimal Master dengan usia yang terbilang muda, sehingga kapasitias keilmuannya tidak diragukan lagi.

4. Kebidadan FKM UMI memiliki 16 ruangan laboratorium, dengan fasilitas terlengkap di Kawasan Indonesia Timur.

5. Memiliki perpustakaan dengan buku yang lengkap, disertai dengan koneksi jaringan internet gratis, yang dapat memudahkan mahasiswa mengakses e-book. Perpustakaan Kebidanan FKM UMI, bekerjasama dengan Perpustakaan Pusat Nasional.