Selasa, 06 Maret 2018 22:22 WITA

Baru Sehari Dibuka, Lebih 200 Calon Maba Sudah Daftar di STIBA

Editor: Abu Asyraf
Baru Sehari Dibuka, Lebih 200 Calon Maba Sudah Daftar di STIBA
Kuliah umum mahasiswa STIBA Makassar beberapa waktu lalu.

RAKYATKU.COM - Minat generasi muda untuk memperdalam ilmu agama terus meningkat. Salah satu indikasinya adalah tingginya kecenderungan masuk perguruan tinggi Islam.

Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar, misalnya, langsung diserbu pendaftar pada hari pertama. Tidak tanggung-tanggung, tercatat 203 calon mahasiswa baru yang mendaftar secara online melalui laman www.stiba.ac.id.

Pendaftar datang dari berbagai daerah, antara lain Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, Maluku, dan Papua. Termasuk beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan.

Pendaftaran calon mahasiswa baru dibuka sejak Senin (5/3/2018) atau bertepatan 17 Jumadal Akhirah 1439 Hijriah. Tahun ini, STIBA hanya membuka satu jurusan, yakni S1 Syariah Program Perbandingan Mazhab.

Humas STIBA Makassar, Syahrul Qur'ani Lc menjelaskan, pendaftaran calon mahasiswa baru gelombang pertama dijadwalkan berakhir pada 27 April 2018. Selanjutnya akan dibuka gelombang kedua pada 16-27 Juli 2018.

"Tahun ini, STIBA berencana menerima sedikitnya 500 mahasiswa baru. Jumlah yang jauh lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata Ustaz Syahrul kepada Rakyatku.com, Selasa (6/3/2018).

Menurutnya, penerimaan dalam jumlah besar itu menyesuaikan penambahan fasilitas gedung asrama dan kelas yang sedang dalam proses penyelesaian. Pembangunan dua gedung kelas (putra dan putri), satu asrama untuk putra, dan satu gedung rektorat yang masing-masing berlantai empat ini dijadwalkan rampung sebelum masuknya tahun ajaran baru.

Di samping itu, adanya penambahan sejumlah dosen juga semakin memperbesar peluang STIBA untuk menerima lebih banyak mahasiswa baru. STIBA optimistis, jumlah sebanyak itu bisa tercapai, mengingat tahun sebelumnya jumlah pendaftar melalui laman www.stiba.ac.id mencapai seribu lebih.

"Pendaftar bisa berkonsultasi seputar pendaftaran melalui 085288881799 bagi ikhwan (laki-laki) dan 085288881599 bagi akhwat (perempuan). Konsultasi dibuka Senin-Jumat, pukul 08.00-13.30 Wita," urainya.

Tags