Kamis, 01 Maret 2018 09:47 WITA

Pilrek Unhas Tanpa Jusuf Kalla

Editor: Mulyadi Abdillah
Pilrek Unhas Tanpa Jusuf Kalla
Foto: Dok/Rakyatku

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Salah satu anggota majelis wali amanat Unhas (MWA), Jusuf Kalla dipastikan tidak akan berpartisipasi dalam rapat terbuka luar biasa MWA dalam menentukan dan memilih rektor baru Unhas periode 2018-2022 yang digelar hari ini, Kamis (1/3/2018).

Kepastian ketidakhadiran Jusuf Kalla diungkapkan Kepala Unit Humas dan Protokol Unhas, Ishaq Rahman. Wakil presiden itu tidak hadir karena masih melakukan lawatan di luar negeri. Jusuf Kalla baru akan tiba di tanah air pada Kamis pukul 22.00 WIB malam. 

"Sampai tadi, yang confirm tidak hadir adalah Pak JK (masih di Afghanistan) dan Pak Gita Wirjawan. Selain itu, kita asumsikan akan hadir," kata Ishaq. 

Ketidakhadiran dua tokoh MWA Unhas ini mengurangi jumlah anggota MWA yang akan berpartisipasi memilih rektor yang sebelumnya juga dipastikan tidak akan diikuti oleh perwakilan mahasiswa (Unhas tidak memiliki BEM Universitas). 

Ishaq mengatakan, meski JK dan Gita Wirjawan tidak hadir, rapat terbuka luar biasa MWA tetap akan terlaksana. Ia juga mengatakan syarat agar rapat MWA tersebut terlaksana yakni dengan dihadiri minimal 2/3 dari jumlah keseluruhan anggota MWA. Sejatinya, anggota MWA sendiri berjumlah 18 orang dengan diketuai Prof. Basri Hasanuddin. 

"Tidak (pembatalan rapat umum terbuka luar biasa). Karena ada perhitungan kuorum. Jadi syarat kuorum itu 2/3 dari total anggota MWA," terang Ishaq. 

Tahap akhir pemilihan rektor Unhas periode 2018-2022 dipastikan akan digelar Kamis (29/2/2018). Untuk pertama kalinya Rektor Unhas akan dipilih dan ditetapkan melalui rapat terbuka luar biasa Majelis Wali Amanat di lantai dua gedung rektorat Unhas.

Ada tiga nama calon rektor Unhas yang akan bersaing merebut posisi nomor satu di kampus beralmamater merah tersebut. Calon Inkumben, Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu akan bersaing dengan Prof. Abrar Saleng yang saat ini menjabat sebagai ketua dewan profesor Unhas dan Muhammad Ramli yang merupakan dosen di Fakultas Mipa Unhas. 

Usai tahap akhir pemilihan, pelantikan juga akan dilaksanakan oleh Majelis Wali Amanat, yang direncanakan berlangsung pada bulan April 2018.