Senin, 19 Februari 2018 18:16 WITA

Tingkatkan Kualitas SDM, UT Majene Gelar Pelatihan Tutor

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tingkatkan Kualitas SDM, UT Majene Gelar Pelatihan Tutor

RAKYATKU.COM, MAJENE - Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Majene menyelenggarakan pembekalan tutor kepada tutor non-Pendas (Pendidikan Dasar) program Sarjana Strata Satu (S1) beberapa waktu yang lalu. 

Kegiatan ini digelar dengan tujuan menjaga kualitas pelaksanaan tutorial tatap muka, serta setiap tutor memiliki persepsi yang sama mengenai prosedur dan Petunjuk Kerja tutorial tatap muka maupun praktik/praktikum.

Koordinator Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA) Firman Hamzi menuturkan, dalam pelatihan ini, para Tutor diberi pemahaman lebih mendalam terkait program-program UPBJJ-UT. Termasuk rancangan proses tutorial, baik Rancangan Acara Tutorian (RAT) maupun Satuan Acara Tutorial (SAT), sebelum melaksanakan proses tutorialnya. 

Tingkatkan Kualitas SDM, UT Majene Gelar Pelatihan TutorTutor mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam penyelenggaraan tutorial, praktik dan praktikum. 

"Tujuan dari pembekalan ini untuk memberikan pengetahuan tentang sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh serta belajar mandiri kepada tutor. Selain itu juga memberikan keterampilan kepada tutor dalam merencanakan dan melaksanakan Tutorial Tatap Muka (TTM)," ungkapnya Firman, Senin (19/2/2018). 

Beberapa kewajiban tutor yang harus dilaksanakan yaitu, memiliki RAT atau SAT, membuat catatan pertemuan, mengisi daftar hadir, melakukan rekapitulasi nilai, memiliki format rancangan tugas tutorial, memiliki format penilaian tutorial, membuat kisi-kisi tugas tutorial, adanya tanda terima tugas (T1, T2 dan T3), dan memiliki bukti tugas tertinggi dan terendah mahasiswa yang telah dinilai. 

Firman juga menjelaskan, Tutorial Tatap Muka (TTM) yang dilaksanakan di UT ini, bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran guna memperluas, memperdalam, dan mempertajam pemahaman dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah dalam belajar mandirinya.

"UPBJJ-UT ini ada dua model tutorial, yakni TTM dan Tutorial Online, jadi mahasiswa bisa masuk di mana saja, karena pada prinsipnya UPBJJ-UT menginginkan para mahasiswanya untuk bisa belajar mandiri,” jelasnya.