Sabtu, 17 Februari 2018 15:04 WITA

Erwin Akib: Pendidikan Karakter Harus Jadi Bagian Utama Pembangunan

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Erwin Akib: Pendidikan Karakter Harus Jadi Bagian Utama Pembangunan
Dekan FKIP Unismuh Makassar, Erwin Akib saat menjadi narasumber di seminar nasional, di Kampus Unismuh Pare-Pare.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar, Erwin Akib mengungkapkan, pendidikan berkarakter menjadi bagian utama dalam pembangunan dan kemajuan bangsa.

Menurutnya, penanaman nilai-nilai kepada peserta didik wajib dilakukan, karena sosok guru yang dibutuhkan siswa peserta didik adalah sosok guru utuh yang cerdas secara intelektual, cerdas secara emosional dan juga cerdas secara religi.

Erwin kemudian menyebutkan beberapa karakter yang dikembangkan dari filosofi pendidikan karakter Ki Hajar Dewantara. Diantaranya, Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras dan yang lainnya.

"Karakter itu harus menjadi bagian yang utama dan terpenting dalam pembangunan bangsa ini, khususnya dalam pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) di era saat sekarang ini," ungkapnya, saat didapuk menjadi pembicara dalam Seminar Nasional, di Kampus Unismuh Pare-Pare, Sabtu (17/2/2018).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pendidikan berkarakter, ini sudah lama diterapkan oleh berbagai perguruan tinggi. Namun menurut dia, penerapannya perlu untuk lebih dipermantap lagi, khususnya dalam kehidupan. 

"Walaupun masih ada hal yang terjadi diluar dari kendali kita, tapi itu kembali lagi kepada bagaimana individu itu memaknai hadirnya sebagai sosok yang memiliki nilai ditengah lingkungan sosialnya," imbuh Erwin.

Ia pun berharap, semua materi yang ia sampaikan dalam seminar nasional tersebut, bisa dipahami dan terapkan oleh setiap peserta.

"Di era milenial ni, semoga SDM kita akan lebih maju dan lebih tertanam lagi nilai karakter itu pada dirinya masing-masing," harap Erwin.