Kamis, 15 Februari 2018 14:21 WITA

Menristek Dikti: Diploma 4 Punya Keunggulan dari S1

Editor: Andi Chaerul Fadli
Menristek Dikti: Diploma 4 Punya Keunggulan dari S1
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek-Dikti), Prof Mohammad Nasir berkunjung ke kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Kamis (15/2/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek-Dikti), Prof Mohammad Nasir menyatakan jika lulusan pendidikan Diploma 4 setara dengan Strata 1. Hal itu diungkapkan saat berkunjung ke kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Kamis (15/2/2018).

"Ristek Dikti mengakui Diploma 4 setara dengan sarjana S1. Sarjana terapan dalam hal lulusan dari Diploma 4 mempunyai keunggulan daripada sarjana umumnya," kata dia.

Dia menjelaskan, D4 lebih kepada pendidikan vokasi (praktik) ketimbang pendidikan dengan menekankan pada akademis (teori).

"Terlebih lagi lulusan sarjana terapan bukan hanya memiliki ijazah, tetapi sertifikasi kompetensi sesuai dengan bidangnya," tambahnya.

Untuk itu, ia berharap, semua lulusan daru Politeknik mampu bersaing sesuai bidang keahlian pada kompetensinya.

"Kedepannya industri tidak bertanya ijazah. Karena sekarang keahlian yang dibutuhkan sesuai bidangnya masing-masing," tandasnya.