Senin, 12 Februari 2018 07:34 WITA

SD IT Ar Rahmah Makassar Ajak Siswa Study Banding di Luar Negeri

Editor: Muh. Taufik
SD IT Ar Rahmah Makassar Ajak Siswa Study Banding di Luar Negeri

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Ar Rahmah Makassar menggelar Study Tour ke Malaysia dan Singapura. Kegiatan yang dilaksanakan  pada tanggal 7 - 11 Februari 2018, ini ikuti oleh 27 orang peserta didik.

Kepala Sekolah SD IT Ar Rahmah, Jusria Kadir menjelaskan, pihaknya sengaja mengajak muridnya untuk Study Tour ke dua negara ini. Pasalnya, 2 negara ini termasuk Negera maju di kawasan Asia Tenggara.

"Ini merupakan upaya kita untuk menyiapkan siswa menghadapi persaingan global," katanya.

Singapura dan Malaysia, lanjut Jusria, merupakan negara yang memiliki keterbatasan, tapi nyatanya mereka bisa menjadi negara terkemuka.

"Malaysia adalah salah Negara yang awalnya belajar pendidikan pada Indonesia, tapi lihatlah sekarang, pendidikan mereka melesat maju. Singapura Negara yang tidak memiliki banyak sumber daya alam seperti Indonesia melejit maju dengan mengandalkan SDM-nya," jelasnya.

SD IT Ar Rahmah Makassar Ajak Siswa Study Banding di Luar Negeri

Salah satu tempat yang dikunjungi pada Study Tour ini adalah International Islamic University Malaysia, salah satu universitas terbaik di Malaysia. 

"Mengapa anak SD bukan mengunjungi SD? Kami berharap, sejak awal siswa jaman now sebagai generasi milenial, berpikir jauh ke depan,” jelas Jusria.

Para siswa ini, lanjut Jusria, sudah harus diajak berpikir bagaimana menghadapi tantangan masa depan. Persaingan global bukan lagi hanya terjadi di antara sesame orang Indonesia tetapi sudah persaingan yang mendunia. 

"Olehnya itu, mereka sudah harus diajak merencakan diri sejak dini,” lanjut Bunda Yus, panggilan akrabnya.

Berita Terkait