Senin, 12 Februari 2018 11:26 WITA

Dana Bansos Beasiswa Tak Cair, Pemkab Bantaeng Minta Maaf

Editor: Andi Chaerul Fadli
Dana Bansos Beasiswa Tak Cair, Pemkab Bantaeng Minta Maaf

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Pemerintah Kabupaten Bantaeng meminta maaf atas tidak cairnya dana bantuan sosial (bansos) yang ditujukan kepada mahasiswa Bantaeng. 

Dana bantuan sosial (bansos) beasiswa mahasiswa Bantaeng tahun anggaran 2017 senilai Rp 1,2 Miliar yang ditujukan untuk 320 mahasiswa Bantaeng.

"Soal polemik dana bantuan sosial yang ditujukan mahasiswa Bantaeng, atas nama Pemerintah Kabupaten Bantaeng minta maaf atas tidak cairnya anggaran tersebut," ungkap Sekretaris Dinas PPKAD Bantaeng, Junaedi saat ditemui di Kantor Bupati Bantaeng, Senin (12/2/2018).

Menurut Junaedi, bahwa hal itu lantaran tidak adanya kebijakan  dukungan dari pemerintah atas, seperti pemerintah provinsi Sulsel, BPK, dan pemerintah pusat.

"Pemerintah Kabupaten Bantaeng sudah berupaya melakukan konsultasi kepada pemerintah Provinsi, BPK dan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Dalam Negeri pada awal tahun 2017 lalu," jelas Junaedi.

Namun, kata dia, hasil dari koordinasi yang dilakukan bahwa kebijakan pemerintah terkait dana Bansos penyelesaian studi tidak sejalan dengan regulasi yang ada di UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dalam hal yang terkait kewenangan urusan pendidikan.

"UU nomor 23 tahun 2014 hanya ada kewenangan urusan pendidikan di tingkat jenjang pendidikan menengah (SMP). bahkan di dalam Permendagri Nomor 14 Tahun 2016 tentang pedoman pemberian hibah dan bansos yang bersumber dari APBD," paparnya.

Sekarang, puluhan mahasiswa Bantaeng sedang melakukan aksi demo menuntut dana bansos untuk besiswa mahasiswa di depan Kantor Bupati Bantaeng, Jalan A. Mannappiang, Kabupaten Bantaeng, Senin (12/2/2018).