Kamis, 08 Februari 2018 14:45 WITA

Unismuh Resmikan Kapal Kemanusiaan 04 Sulsel

Editor: Andi Chaerul Fadli
Unismuh Resmikan Kapal Kemanusiaan 04 Sulsel
Rektor Unismuh Makassar, Dr Abdul Rahman Rahim meresmikan Kapal Kemanusiaan 04. (foto: Fadel)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar meluncurkan Kapal Kemanusiaan 04 Sulawesi Selatan di Makassar Golden Hotel (MGH), Kamis (8/2/2018).

Rektor Unismuh Makassar, Dr Abdul Rahman Rahim mengungkapkan, kapal itu merupakan bantuan dari Asian Muslim Charity Foundation (AMCF), yang bertujuan untuk mengirimkan bantuan ke pulau-pulau terpencil di Sulsel.

"Ini bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi. Salah satunya, yakni pengabdian pada masyarakat," katanya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, pihaknya telah menyusun sejumlah program kemanusiaan, untuk disalurkan secara bertahap. Di antaranya, pelayanan kesehatan, pembangunan fisik rumah untuk MCK, membebaskan masyarakat pulau dari buta aksara dan buta baca Al Quran, serta program katarak gratis.

Unismuh Resmikan Kapal Kemanusiaan 04 Sulsel

Ia juga menjelaskan, sebagai langkah awal, pihaknya akan menyasar Pulau Kodingareng.

"Tim medis sudah, mahasiswa kedokteran dan dosen pembimbing sudah ada di sana. Tapi karena saat ini cuaca tidak memungkinkan, dan ombaknya cukup tinggi, jadi besok pagi baru kita meluncur ke sana," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, pihaknya tidak menutup diri dalam melaksanakan aksi sosial. Untuk itu, ia menerima jika ada masyarakat ataupun dari instansi pemerintah yang ingin berpartisipasi dalam pengiriman bantuan melalui kapal kemanusiaan tersebut.

"Jika ini bisa dilakukan bersama, insya Allah semua akan menjadi ringan, dan saudara-saudara kita yang ada dipulau bisa merasa terbantu," pungkasnya.

Kegiatan peresmian Kapal Kemanusiaan ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang, Donatur AMCF dari UNI Emirat Arab, Syeikh Dr Moth MT Khoory, serta beberapa petinggi Unismuh lainnya.

Tags