Senin, 05 Februari 2018 18:39 WITA

Tolak Pembayaran KKN, Mahasiswa UNM Demo di Jalan

Editor: Adil Patawai Anar
Tolak Pembayaran KKN, Mahasiswa UNM Demo di Jalan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Lembaga Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) turun ke jalan melakukan unjuk Rasa.

Unjuk rasa yang dilakukan, Senin 5/2/2018 sore tersebut untuk menyampaikan penolakan atas kebijakan yang diambil dalam kampus. Dalam aksi tersebut para mahasiswa menolak kebijakan kampus yang mengharuskan mahasiswa KKN membayar uag KKN. 

"Pembayaran KKN tidak semestinya tidak dilakukan lagi karena pembayaran KKN telah masuk dalam yang kuliah tunggal (UKT)," ungkap salah satu mahasiswa saat menyampaikan orasi.

Dalam aksi damai yang menutup 1 jalur di depan UNM Gunung sari tersebut, para mahasiswa menyikapi KKN untuk angkatan 2013 yang berlangsung 2017 dan KKN bagi angkatan 2014 untuk semester genap sama sekali tak dipungut biaya. Sedangkan KKN semester genap tahun 2017 masih untuk angkatan 2014 dipungut biaya.

"Permenristekdikti yang dijadikan dalih untuk mendukung kebijakan tersebut baru disahkan di tahun 2016. Artinya mahasiswa yang masuk di tahun 2013 sampai 2015 masih masukkan KKN dalam komponen BKT dimana komponen BKT dilakukan sebelum penerimaan mahasiswa baru," tambahnya.

Pengunjukrasa menegaskan Lembaga Kemahasiswaan UNM dengan tegas  melakukan penolakan terhadap KKN berbayar dan menuntut rektor UNM untuk mencabut surat keputusan Rektor No:590/UN36/KU/2018.

"Apabila yang kami perjuangkan tidak dikabulkan maka kami akan kembali menyuarakan aspirasi dengan jumlah massa yang lebih banyak pada 7/2/2018 mendatang," tambahnya.

Tags