Senin, 05 Februari 2018 17:51 WITA

Guru Asal Makassar Ciptakan Alat Musik Dari Peralatan Bekas

Editor: Adil Patawai Anar
Guru Asal Makassar Ciptakan Alat Musik Dari Peralatan Bekas

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jika melihat kemajuan di dunia pendidikan di kota-kota besar saat ini, ketersediaan fasilitas sekolah bisa dikatakan lengkap. Salah satu kelengkapan tersebut ialah penyediaan alat-alat kesenian yang bisa digunakan dalam proses belajar-mengajar maupun sekedar menyalurkan bakat dan minat. 

Namun seorang guru kelas V A di Sekolah Dasar Inpres Mangga Tiga, Kecamatan Biringkanaya, Makassar memilih untuk menciptakan alat musik tersebut. Ian Perdana Tamsur nama guru tersebut menciptakan alat musik dari alat-alat bekas yang sudah tidak dimanfaatkan. Tentu, cara Ian ini sangat kreatif dibanding hanya langsung membeli alat. 

"Saya bersama siswa-siswaku membuat alat musik dari tong cat bekas, botol kaca bekas, botol plastik bekas, sendok, bambu, dan permainan gelas plastik. Saya ingin mengajarkan siswa saya bermain musik dan juga mengenalkan kalau alat musik bisa juga dibuat dengan cara yang mudah," kata Ian kepada Rakyatku.Com, Senin (5/2/2018).

Dengan mengenalkan cara kreatif seperti ini, Ian berharap siswanya yang menyukai kesenian tidak lagi takut ataupun kesusahan jika ingin mengembangkan bakatnya. Ia juga berharap dengan ini, siswa-siswanya bisa lebih kreatif. Hasil ciptaannya ini pun ia rekam dalam sebuah momen penampilan siswanya yang membawakan lagu Yamko Rambe Yamko yang diabadikan di akun youtubenya. 

Di samping itu, Ian juga mengatakan jika cara-cara seperti ini dilakukannya untuk menciptakan suasana kebersamaan baik antar sesama siswanya dan juga antar dia dan siswanya. 

Tidak hanya di bidang musik, penerima gelar guru terinovatif dalam kegiatan Sekolah Guru Indonesia  juga memiliki cara lain untuk menciptakan suasana tersebut. Salah satunya ialah dengan cara melakukan foto-foto bersama dengan gaya yang unik. Ia juga rutin mendampingi siswanya jika ada yang sedang mengikuti perlombaan. 

"Beberapa siswa saya juga sudah pernah saya ikutkan lomba. Ada yang juara satu seperti lomba futsal, ada juga lomba Mipa. Alhamdulillah semua siswa selalu kerja sama," lanjut Ian. 

 

Cara kreatif Ian ini mengundang pujian dari beberapa guru sekolah dasar yang ada di Makassar. Salah satunya ialah, guru SDN Perumnas, Ermiaty Subhan yang mengatakan cara Ian ini memberikan inspirasi bagi guru lain untuk selalu berpikir kreatif. 

"Saya sudah lihat videonya dan sangat senang melihat ada guru yang mengajarkan siswanya berbuat kreatif seperti ini,"kata Ermy saat diwawancara Rakyatku.Com.