Sabtu, 03 Februari 2018 11:07 WITA

Tujuh Proposal Penelitian STIKes Mega Rezky Lolos PDP Ristekdikti

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tujuh Proposal Penelitian STIKes Mega Rezky Lolos PDP Ristekdikti

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penerima hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) Ristekdikti, telah diumumkan belum lama ini. STIKes Mega Rezky, masuk diantara ribuan penerima hibah PDP tahun 2018.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) STIKes Mega Rezky Makassar, Muh Yunus Nabbi, mengungkapkan, tahun ini tujuh proposal penelitian milik Dosen STIKes Mega Rezky yang berhasil lolos mendapatkan dana hibah PDP Ristekdikti.

“Awalnya 14 proposal penelitian yang diajukan oleh STIKes Mega Rezky, dan 50 persen dari total proposal yang diajukan berhasil mendapat hibah dari Ristekdikti,” ungkap Yunus.

Penelitian yang berhasil mendapatkan hibah PDP Ristekdikti tersebut berasal dari Prodi D3 dan D4 Analis Kesehatan, D4 Kebidanan, dan S1 Administrasi Rumah Sakit. 

“Ketujuh proposal penelitian ini akan mendapat kucuran dana dari Ristekdikti setelah penandatangan kontrak  STIKes Mega Rezky Makassar dengan Kopertis Wilayah IX,” ungkap Yunus. 

Tujuh Proposal Penelitian STIKes Mega Rezky Lolos PDP RistekdiktiSementara ini, STIKes sedang menunggu pencairan dana agar proposal penelitian yang mendapatkan hibah ini segera dilaksanakan.

Adapun judul penelitiannya yang lolos seleksi adalah:

1. Uji Daya Hambat Madu Hutan Murni (Mei Depuratum) dapat menghambat Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus, diketuai oleh Muh. Yunus Nabbi, S.Sos, M.Kes

2. Efektivitas Pemberian Rebusan Kayu Secang terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Penderita Diabetes Melitus pada Wanita Menopause di Kota Makassa diketuai oleh Jumrah, S.ST, M.Keb.

3. Analisis Kandungan Bahan Aktif dan Uji Toksisitas Undur-Undur sebagai terapi Antidiabetik  pada penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Kabupaten Buton diketuai oleh Nirmawati Angria S.Si, M.Kes

4. Pengaruh Penambahan Zat Kapur dan Lama Perendaman  Terhadap Kadar Sianida Pada Singkong dengan Menggunakan Metode Argentometri diketuai oleh Sulfiani, S.Si, M.Si

5. Gambaran Kadar Cystatin C pada Penderita Hipertensi sebagai Biomarker Deteksi Dini Gagal Ginjal di Puskesmas Antang diketuai oleh Thaslifa, S.Si, M.Sc

6. Peranan Musyarwarah Guru Mata Pelajaran terhadap Kompetensi Guru Matematika di Tingkat SMA diketuai oleh Wiwik Andriani, S.Pd, M.Pd

7. Analisis Pengaruh gaya Kepemimpinan terhadap Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja Perawat Era JKN di RSUD Kota Makassar diketuai oleh Suci Rahmadani, SKM, M.Kes.