Rabu, 31 Januari 2018 23:59 WITA

Tiga Mahasiswa FKM UMI Gelar Penyuluhan Kesehatan di Bone

Editor: Abu Asyraf
Tiga Mahasiswa FKM UMI Gelar Penyuluhan Kesehatan di Bone
Tiga mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) melakukan penyuluhan kesehatan di lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kabupaten Bone, Rabu (31/1/2018).

RAKYATKU.COM - Tiga mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) melakukan penyuluhan kesehatan di lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kabupaten Bone, Rabu (31/1/2018).

Salah satu mahasiswa FKM UMI, Hartina Harun (Prodi Kesehatan Masyarakat FKM UMI) saat dihubungi melalui aplikasi pesan instan menyampaikan, kegiatan penyuluhan tersebut merupakan program kerja bidang kesehatan dalam pelaksanaan KKN UMI.

"Jadi kami selaku mahasiswa yang ada dibidang kesehatan menjalankan proker tersebut. Penyuluhan yang kami lakukan yakni terkait gangguan akibat kekurangan yodium atau Gaky," ujarnya. 

Diketahui, GAKY merupakan salah satu permasalahan gizi yang paling utama di Indonesia. Jadi, masyarakat memang dianjurkan tidak menyepelekan hal ini.

Lanjut, Tina sapaan akrabnya menjelaskan, penyuluhan terkait GAKY ini dilakukannya door to door ke rumah warga bersama kedua rekannya yakni, Oga Saputra (Prodi Keperawatan FKM UMI) dan Nurhasanah Syaharuddin (Prodi Kesehatan Masyarakat FKM UMI).

Dari rumah ke rumah tepatnya di Desa Sailong, Kecamatan Dua Boccoe, ketiga mahasiswa tersebut memberikan edukasi dan pembelajaran terkait GAKY. Tina mengaku antusias dari warga cukup tinggi dengan kegiatan yang mereka laksankan.

"Alhamudulillah warga disini dapat menerima kedatangan kami dengan baik. Semoga ilmu yang kami bagikan kepada mereka bisa bermanfaat bagi keberlangsungan masyarakat disini," ujar Mahasiswa cantik ini.

Tak cukup hanya itu, Bendahara Umum (Bendum) Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Himakesmas) FKM UMI ini bersama rekannya juga melakukan pengecekkan tekanan darah ke warga.

"Salah satu rekan kami Oga yang melakukan pengecekkan darah karena ia berasal dari Prodi Keperawatan. Bagiannya mi memang disitu," ucap mahasiswa angkatan 2014 ini.

Tags