Selasa, 30 Januari 2018 16:51 WITA

ATKP Makassar Gelar Diklat Avsec Angkatan ke-29

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
ATKP Makassar Gelar Diklat Avsec Angkatan ke-29

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar, menggelar Diklat Basic Aviation Security (Avsec) Angkatan XXIX, di Kampus ATKP. 

Kegiatan diklat tersebut dilaksanakan mulai 29 Januari hingga 21 Februari 2018, mendatang.

Direktur ATKP Makassar, Agus Susanto mengatakan, diklat ini bertujuan untuk menjelaskan kepada seluruh peserta, terkait dasar-dasar keamanan penerbangan, serta pemeriksaan manual penumpang dan barang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut searah dengan putusan Menteri Perhubungan No 54 tahun 2004, yang menyatakan Pengamanan (Security) adalah gabungan daya manusia, fasilitas dan materil, serta prosedur untuk melindungi penerbangan dari tindakan gangguan melawan hukum.

"Sedangkan upaya pengamanan (Security control) adalah upaya pencegahan terhadap penyusupan senjata, bahan peledak atau bahan yang mungkin digunakan untuk melakukan tindakan yang melawan hukum," jelasnya, Selasa (30/1/2018).

Lelaki yang akrab disapa Agus ini berharap, setelah mengikuti diklat tersebut, seluruh peseta mampu menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di bandara, baik dari segi pengamanan fisik, personel, informasi dan keamanan, hingga teknis yang lainnya.

"Dengan Diklat Avsec ini, semoga para peserta bisa mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan, di tempat mereka bekerja," harapnya.

Berita Terkait