Selasa, 30 Januari 2018 16:35 WITA

Program Investasi 1/4 Abad, Pemkab Gowa Gandeng 28 Universitas Ternama

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Program Investasi 1/4 Abad, Pemkab Gowa Gandeng 28 Universitas Ternama

RAKYATKU.COM, GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggandeng 28 universitas terbaik di seluruh Indonesia, dalam realisasi program pendidikan investasi 1/4 abad. 

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, dalam program ini putra-putri terbaik Gowa yang telah lulus bangku SMA, akan mengikuti seleksi yang diselenggarakan Pemkab Gowa dan pihak universitas.

"Siswa akan memilih dimana universitas yang diminatinya. Silahkan ikuti seleksinya, jika lulus Pemkab Gowa yang akan membiayai. Mulai dari biaya perkuliahan, pemondokan, transportasi sampai biaya makan. Anak-anak kita hanya bawa diri saja," ungkapnya, Selasa (30/1/2018).

Menurut Adnan, kemajuan suatu daerah jangan diukur dari gedung-gedung tinggi saja. Tetapi juga harus diperhatikan, jangan sampai masih ada anak-anak yang tidak sekolah karena faktor biaya.

"Untuk itu pelayanan kesehatan dan pendidikan harus menjadi prioritas utama. Karena sumber daya manusia yang menentukan kemajuan daerah," tegas Adnan. 

Beberapa universitas yang berpartisipasi dalam program ini antara lain Universitas Indonesia (UI), ITN Malang, Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), UPI, dan perguruan tinggi terakhir yang menandatangi MoU dengan Pemkab gowa adalah Universitas Udayanan Bali.

"Saat ini puluhan putra-putri terbaik Kabupaten Gowa berhasil masuk perguruan tinggi ternama. Contohnya. ITN Malang sebanyak 35 orang, UGM Yogyakarta sebanyak 5 orang meliputi 2 sarjana kesehatan masyarakat, 2 dokter, dan 1 dokter ahli, serta UI Jakarta 1 orang di Fakultas Hukum," rinci Adnan.

Sementara itu, Kabag Humas dan Kerjasama Pemkab Gowa, Abdullah Sirajuddin mengatakan, pelajar yang mengikuti sistem kerjasama tersebut tidak terikat harus bekerja di Gowa, boleh di daerah mana saja, sepanjang dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Selain itu, Orang tua dan mahasiswa yang dibiayai itu harus menandatangani pernyataan mengganti biaya tiga kali lipat ke Pemkab Gowa, jika putus kuliah bukan karena kematian atau cacat tetap. 

"Kami hanya berharap melalui investasi ini kelak dalam perspektif 20 hingga 25 tahun mendatang, putra-putri Gowa akan menjadi aset daerah dan bangsa yang berdaya saing tinggi dan mendorong daerah lain mengembangkan program serupa," tandas Abdullah Sirajuddin. 

Sekadar diketahui, Program investasi 1/4 abad merupakan salah satu program unggulan Kabupaten Gowa di bidang pendidikan, yang mulai dilaksanakan pada tahun 2014 silam, sejak masa kepemimpinan Ichsan Yasin Limpo.