Senin, 29 Januari 2018 10:46 WITA

Ini Kunci Sukses Unhas Raih Peringkat 7 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Editor: Mulyadi Abdillah
Ini Kunci Sukses Unhas Raih Peringkat 7 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia
Ishaq Rahman

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas) kini berada di peringkat 7 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics edisi Januari 2018. Apa kuncinya?

Salah satunya adalah pembenahan repository online di subdomain situs Unhas.ac.id. Para pengelola website Unhas pun lebih dulu mengikuti requirement standar-standar Webometrics. 

"Tahun lalu yg paling signifikan dilakukan adalah pembenahan repository online, yaitu bank data untuk karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi) dimana puluhan ribu skripsi, tesis, dan disertasi sekarang sudah bisa diakses online di situs Unhas," kata Ketua Tim Pengelola website Unhas untuk Webometrics, Ishaq Rahman kepada Rakyatku.Com, Minggu (28/1/2018) kemarin.

Selain akses skripsi, tesis, dan disertasi, puluhan jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional terbitan Unhas juga bisa diakses di website Unhas. Total ada 55 jurnal ilmiah yang saat ini sudah bisa diakses di situs Unhas. 

Ishaq optimistis, di edisi selanjutnya Unhas bisa naik peringkat hingga masuk lima besar nasional. 

"Saat ini pihak pengelola website sedang mengembangkan website untuk update informasi harian, baik di level universitas, fakultas hingga prodi,"imbuh lelaki yang juga menjabat kepala unit Humas Unhas ini. 

Sebelumnya, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar berada di peringkat tujuh perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi webometrics edisi Januari 2018. Unhas naik enam peringkat dimana di edisi Juli 2017 lalu, Unhas berada di peringkat 13.