Jumat, 19 Januari 2018 19:21 WITA

Ciptakan Wirausaha, STIE Nobel dan HIPMI Sulsel Goes to School

Editor: Aswad Syam
Ciptakan Wirausaha, STIE Nobel dan HIPMI Sulsel Goes to School

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel bersama dengan Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel, melakukan road show ke sejumlah SMA dan SMK di Sulsel untuk melaksanakan kegiatan Seminar Kewirausahaan.

Kegiatan road show tersebut dilakukan di Kabupaten Wajo, Soppeng, Sidrap, Pinrang, Parepare dan Kabupaten Barru, mulai 15-20 Januari, besok.

Ketua STIE Nobel, Mashur Razak mengatakan, kegiatan seminar ini bertujuan memberikan informasi dan motivasi kewirausahaan kepada para siswa-siswi. Sehingga, sejak dini mereka dapat mengenal dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin berat di era globalisasi dan pasar bebas. 

"Salah satu persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah masih tingginya angka pengangguran, termasuk penganggur terdidik," ungkap Mashur yang juga bertindak sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut, Jumat (19/1/2018).

Saat ini, kata Mashur, terdapat kurang lebih Rp2,5 juta sarjana di seluruh Indonesia yang menganggur. Ia pun mengungkapkan, salah satu strategi untuk mengatasi masalah pengangguran.

"Kita lakukan dengan merubah mindset para remaja, untuk berubah dari pola pikir job seeker menjadi job creator," tukasnya.

Berdasarkan informasi yang diterima, STIE Nobel Indonesia merupakan salah satu pendidikan berbasis entrepreneurship di Makassar. 

Dalam hal ini, STIE Nobel mencoba mengambil peran dengan menggandeng asosiasi pengusaha seperti HIPMI, KADIN dan APINDO untuk memberikan motivasi kewirausahaan kepada pemuda di Sulawesi Selatan.

Kegiatan seminar kewirausahaan ini turut dihadiri sekitar 1.000 siswa-siswi dari beberapa kabupaten/kota.