Sabtu, 13 Januari 2018 20:59 WITA

Islam Disiplin Ilmu Kedokteran Masuk Kurikulum Coass FK UMI

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Islam Disiplin Ilmu Kedokteran Masuk Kurikulum Coass FK UMI

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Islam Disiplin Ilmu Kedokteran (IDIK) Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK UMI) melaksanakan sosialisasi di Auditorium FK UMI lantai 5, Sabtu (13/1/2018).

Sosialisasi ini dilakukan oleh Koordinator IDIK FK UMI, dr.Ida Royani bersama tim IDIK dan Wakil dekan 1 FK Dr. dr. Nasrudin, SpOG. Kegiatan ini dihadiri seluruh dokter muda (CoAss) FK UMI dari berbagai jejaring rumah sakit dan puskesmas.

"Ada sekitar 200 an lebih yang hadir," kata dr Ida.

Dr Ida mengatakan, sosialisasi ini menjelaskan bahwa dalam setiap bagian di Coass yang akan dilalui calon dokter nantinya akan ditanamkan nilai-nilai Islami yang berkaitan dengan disiplin ilmu terkait.

"Misalkan di bagian penyakit dalam maka calon dokter nantinya dituntut untuk mencari kasus yang bisa dikaitkan dengan Islam disiplin ilmu. Misalkan penyakit maag. Maka disana akan dijelaskan pola makan Rasulullah SAW kepada pasien terkait," katanya.

Islam Disiplin Ilmu Kedokteran Masuk Kurikulum Coass FK UMIBukan hanya itu, lanjut dia, dalam Islam disiplin ilmu ini nantinya coass dituntut memperbaiki tajwid. Terutama surah Al-Fatiha. 
"Kemudian disetorkan ke guru masing-masing nantinya. Mereka juga dituntut muhasabah setiap berpindah bagian dengan menjawab pertanyaan mengenai kondisi ibadah mereka selama ini," jelasnya.

dr.Ida menjelaskan, setelah Islam disiplin ilmu masuk ke semua bagian, lulusan dokter FK UMI tidak hanya dituntut cerdas ilmiah, tetapi juga rohani. 

"Ada sekitar 15 bagian yang akan dilalui calon dokter di Coass nantinya. Dan kesemuanya akan dihubungkan dengan Islam disiplin ilmu," jelasnya.

Tags