Sabtu, 13 Januari 2018 17:26 WITA

Prisma Unismuh Saring Peserta di 48 Kota

Editor: Andi Chaerul Fadli
Prisma Unismuh Saring Peserta di 48 Kota

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Proyeksi Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Matematika (PRISMA) 2018 bakal dihelat di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, 24-26 Februari 2018.

Kegiatan yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Matematika kampus biru itu mulai menyaring peserta dari 48 kota. Di antaranya, Jakarta, Bandung, hingga Nabire dan Merauke. 

Ketua Panitia Prisma 2018, Wahid mengatakan, proses seleksi peserta Prisma di setiap kota ini akan dimulai selama 15-17 Februari.

"Jadi, tiga tim dengan nilai tertinggi akan mewakili rayonnya untuk mengikuti puncak kegiatan Prisma di Kota Makassar. Tepatnya di Kampus Unismuh," kata Wahid, Sabtu (13/1/2018).

Hingga saat ini, Wahid belum bisa menyebutkan jumlah peserta secara pasti. Pasalnya, jumlah peserta kemungkinan besar akan bertambah saat kompetisi tiba.

"Tapi bercermin dari tahun lalu, jumlah peserta yang berpartisipasi lebih dari 2000 siswa-siswa di seluruh Indonesia," jelas dia.

Sementara itu, Dekan FKIP Unismuh Makassar, Erwin Akib menilai, ajang seperti ini dapat memotivasi peserta didik untuk gemar dalam mempelajari matematika.

"Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang sangat inspiratif sekali, karena mendorong kemampuan peserta dalam meningkatkan dan menguji kemampuan matematika mereka," kata Erwin.

Seperti yang diketahui, dalam acara Prisma ini, seluruh peserta dari berbagai Kota akan memperebutkan piala bergilir Kementerian Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah RI, Piala Bergilir Provinsi Sulawesi Selatan dan Piala bergilir rektor Unismuh Makassar.