Sabtu, 13 Januari 2018 13:47 WITA

Begini Persyaratan Sistem Ujian Online di UPBJJ UT Majene

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Begini Persyaratan Sistem Ujian Online di UPBJJ UT Majene

RAKYATKU.COM, MAJENE - Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) menggelar ujian online yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia. Salah satunya UT Majene, yang menggelarnya di Ruang Ujian Online kantor UT Majene, Sabtu (13/1/2018).

Peserta yang mengikuti ujian adalah mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD), 

Plt Kasubag TU UPBJJ UT Majene, Akbar menuturkan, ujian ini merupakan salah satu jenis evaluasi hasil belajar di Universitas Terbuka di akhir semester, yang disebut Sistem Ujian Online (SUO). 

"SUO ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa mengikuti ujian yang jam ujiannya bertabrakan. Sehingga memudahkan mahasiswa dalam penyelesaian studinya," ujarnya 

Akbar menambahkan, Untuk pelaksanaan SUO dilaksanakan di kantor UPBJJ-UT sekitar dua minggu setelah penyelenggaran ujian tulis, dimana SUO ini harus mengikuti jadwal yang ditentukan. 

Satu hari ujian terdiri dari 3 sesi dan setiap sesi berdurasi 90 menit. Kapasitas tempat yang disediakan UPBJJ-UT maksimal  20 orang mahasiswa setiap sesi ujian.

Hari, tanggal, dan jam ujian ditentukan oleh UPBJJ-UT, sehingga calon peserta harus menghubungi pihak UPBJJ-UT terlebih dahulu untuk mendapat kepastian pelaksanaan SUO.

"Untuk dapat mengikuti SUO, mahasiswa harus meregistrasi mata kuliah yang akan diikuti. Kemudian, meregistrasi SUO secara online. Semua pembayaran registrasi langsung dibayarkan di bank yang telah  ditentukan," ungkap Akbar.