Sabtu, 13 Januari 2018 02:30 WITA

Citizen Report

Pengurus Asrama Mahasiswa Sawerigading Diksusi Soal Media

Editor: Almaliki
Pengurus Asrama Mahasiswa Sawerigading Diksusi Soal Media

RAKYATKU.COM - Mahasiswa Sulawesi Selatan yang tergabung dalam pengurus dan warga penghuni asrama mahasiswa Sawerigading, menggelar diskusi bertajuk media dan gerakan sosial di Jl. Sultan Agung no.18, Yogyakarta.

Hadir sebagai pembicara dalam diskusi tersebut, yakni Mustaqim Ibnu Adam, pustakawan rumah baca Giwangan YK Yogyakarta, yang juga tidak lain merupakan founder Kanesia, dan sementara Sulaeman Gibrhan, citizen report menjadi panelis dalam diskusi ini.

Mustaqim menyampaikan dalam materinya, bahwa media merupakan senjata sekaligus solusi yang paling efektif digunakan dalam memperjuangkan hak-hak kemanusiaan, moralitas, pengetahuan, dan pesan pesan kedamaian.

Sedangkan menurut Sulaiman, media menjadi senjata paling efektif dalam menelurkan dan menyalurkan gagasan gagasan pemikiran, literasi, ide yang bermuara sebagai gerakan sosial baru bagi mahasiswa.

"Bahwa menghadapi era millenial dan dalam rangka merespons era digital hari ini, mustinya mahasiswa menggunakan media sebagai alat utama dalam menyampaikan kritiknya," jelasnya.

Menurut Harun, selaku Ketua Asrama Sawerigading Yogyakarta, mengatakan bahwa diskusi tentang media ini dilaksanakan dalam rangka memberi pemahaman secara mendalam dan kritis, mengenai fungsi dan tujuan media, yang sekaligus sebagai sosialisasi bagi mahasiswa Sulawesi-Selatan, karena betapa pentingnya melek media dan menjadikannya sebagai gerakan perlawanan baru.

Dalam diskusi tersebut hadir pula ketua Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa Sulawesi Selatan, Rahmat Hidayat, dan beberapa anggota IKAMI dan pengurus asrama Sawerigading serta undangan dari asrama provinsi Riau.

Penulis: Asri Ashari Syam (Ketua Asrama Mahasiswa Sawerigading Yogyakarta periode 2017)