Kamis, 11 Januari 2018 15:14 WITA

UPBJJ UT Majene Gelar Sosprom di Mamuju Utara

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
UPBJJ UT Majene Gelar Sosprom di Mamuju Utara

RAKYATKU.COM, MAJENE - Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Majene kembali mengadakan kegiatan  melakukan sosialisasi dan promosi (Sosprom), di Polres Kabupaten Pasangkayu Mamuju Utara, Senin (8/1/2018). 

Sosprom ini dibawakan langsung Kepala UT Majene, Arifin Tahir, dan dihadiri oleh Wakapolres Mamuju Utara, Brigpol Hardi dan Kadispora, Matra Badaruddin.

Pada kesempatan tersebut Arifin membawakan materi tentang latar belakang berdirinya UT, program studi yang ada di UT dan akreditasi masing- masing program studi. 

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menyelenggarakan pendidikan melalui sistem terbuka dan jarak jauh. UT diresmikan sebagai PTN ke-45 di Indonesia, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 4l Tahun 1984. 

UPBJJ UT Majene Gelar Sosprom di Mamuju Utara

"Makna dari terbuka dalam sistem pendidikan UT mengandung arti bahwa setiap orang dapat menjadi mahasiswa UT tanpa ada pembatasan, baik tahun kelulusan ijazah SLTA, usia, lama studi, maupun tempat tinggal. Sementara itu jarak jauh mengandung arti adanya jarak antara yang belajar dan yang mengajar. Jarak ini dijembatani dengan media pembelajaran yang khusus dikembangkan untuk sistem belajar jarak jauh," jelasnya.

Selain itu, Arifin menjelaskan, UT telah mendapatkan akreditasi dan pengakuan, baik nasional manpun internasional. Di tingkat nasional, UT memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Di tingkat internasional, UT berhasil mendapatkan sertifikat kualitas dari The International Council for Open and Distance Education (1CDE)dan ISO 9001:2008 dalam berbagai bidang manajemen dari SGS dan Sucofindo ICS.