Kamis, 11 Januari 2018 14:39 WITA

Peminat Universitas Terbuka Majene Kian Meningkat

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Peminat Universitas Terbuka Majene Kian Meningkat
Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Majene Sulawesi Barat, Arifin Tahir.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi, yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia.

Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Majene Sulawesi Barat, Arifin Tahir mengatakan, UT merupakan universitas yang memiliki banyak keunggulan, salah satunya yakni tersedianya fasilitas tutorial online.

Dengan kata lain, mahasiswa juga dipandu oleh tutor online (tuton) yang memberikan materi kuliah dan tugas secara online dengan jeda waktu tertentu. Dalam konteks ini, mahasiswa harus mengetahui jadwal kuliah dan ujian akhir semester terlebih dahulu.

"Minat mahasiswa berkuliah di UT dengan keunggulan yang ada kian meningkat, terbukti dari peningkatan jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun. Saat ini UT Majene sudah memiliki sekira 7.000 Mahasiswa," jelas Arifin Tahir, Kamis (11/1/2018).

Arifin menjelaskan, syarat untuk berhasil menempuh pendidikan di Universitas Terbuka adalah kemandirian. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. 

Hal ini sangat memungkinkan karena Universitas Terbuka menyediakan bahan kuliah yang dibuat khusus untuk dipelajari secara mandiri. Kemandirian belajar di Universitas Terbuka sangat dipengaruhi oleh kapabilitas mahasiswa dalam belajar secara efisien. 

Untuk mendapatkan pembelajaran mandiri dan efisien, mahasiswa Universitas Terbuka dituntut untuk memiliki kedisiplinan tinggi, kreatif, dinamis, inisiatif, inovatif dan motivasi belajar membara. Tentunya diiringi dengan kemampuan membagi waktu.

"Semua bahan ajar sudah lengkap, jadi kalau mahasiwanya rajin membaca modul atau bahan ajar dan aktif saat perkuliahan itu bisa menjamin kelulusannya. Karena di sini mahasiswa memang diajarkan untuk mandiri," jelas dia.

Selain itu, kehadiran UT juga memanjakan mahasiswa yang benar-benar ingin menuntut ilmu, dengan hadirnya perpustakaan digital, tutorial online, radio dan televisi, audio video dan berbagai bahan ajar lain yang mudah digunakan, berkualitas dan murah.