Kamis, 11 Januari 2018 11:55 WITA

Pilrek Unhas Dipercepat

Editor: Mulyadi Abdillah
Pilrek Unhas Dipercepat
Ilustrasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unhas, Prof Basri Hasanuddin akan mempercepat proses Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Hasanuddin periode 2018-2022 mendatang. 

Prof Basri mengatakan, maksimal 28 April 2018 mendatang rektor Unhas yang baru sudah bisa dilantik. Untuk itu, selama enam bulan terakhir ini MWA telah melakukan persiapan termasuk penentuan waktu yang sulit ditentukan pada tahap akhir dimana waktu luang anggota MWA yang terdiri dari Wapres RI, Gubernur Sulsel beserta tokoh nasional lainnya harus disesuaikan. 

"Anggota MWA ini orang-orang yang sibuk, karena ada Wapres di situ, ada Menteri, ada Gubernur dan sebagainya. Maka dari itu kita akan cari waktu sedemikian rupa sehingga orang-orang penting itu bisa hadir, tapi tidak lebih dari bulan Maret. Paling tidak tanggal 28 April (rektor baru) sudah harus dilantik," kata Prof Basri Hasanuddin, Kamis (11/1/2018).

Ketua Senat Akademik Unhas, Prof Tahir Kasnawi juga mengatakan hal demikian. Menurutnya, proses tahapan penyaringan Pilrek Unhas yang disediakan oleh senat akademik masih memiliki tenggat waktu hingga tanggal 28 Februari mendatang. 

Namun untuk mempercepat tiga nama calon rektor sampai ke MWA, ia pun mengatakan pihaknya memajukan ke tanggal 24 Januari 2018.

"Kita harapkan bisa dipercepat sesuai dengan perencanaan-perencanaan yang dilakukan sedemikian rupa hingga dipercepat tanggal 24 Januari. Sehingga satu minggu setelah penyaringan itu akhir Januari sudah bisa dilaporkan sehingga Februari sudah ada tiga nama calon rektor," kata Prof Tahir Kasnawi. 

Ia pun menegaskan, saat ini telah mematangkan segala persiapan yang dibutuhkan di tahapan penyaringan nanti termasuk menyediakan moderator senior yang akan memandu jalannya proses tahapan tersebut dan tim asesor yang akan menilai para bakal calon di auditorium baruga AP Pettarani pada 28 Januari mendatang.