Kamis, 11 Januari 2018 11:38 WITA

Putus Kuliah Demi Hidupi Adik, UT Majene Beri Beasiswa Penuh pada Izhak

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Putus Kuliah Demi Hidupi Adik, UT Majene Beri Beasiswa Penuh pada Izhak

RAKYATKU.COM, MAJENE - Berusia muda dan memiliki potensi akademik yang luar biasa, harus berbenturan dengan kondisi ekonomi yang kekurangan. Begitulah nasib Muhammad Izhak, seorang pemuda berusia 22 tahun asal Aribang, Desa Pasiang, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polman, Sulawesi Barat, yang harus merelakan pendidikan tingginya demi menghidupi sembilan adiknya.

Melihat potensi yang dimiliki Izhak serta didasari rasa kepedulian, Rektor Universitas Terbuka, Ojat Darojat, meminta agar Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Majene, Arifin Tahir, menemui Izhak, untuk bersilaturrahmi dan mengajaknya kuliah di UT Majene. 

Atas rekomendasi tersebut, Arifin Tahir menawarkan kepada Izhak untuk melanjutkan kuliahnya di Universitas Terbuka Majene dengan beasiswa penuh.

Arifin tahir pun bercerita terkait keputusan Izhak untuk tidak melanjutkan kuliahnya. Singkat cerita, setelah kedua orang tuanya meninggal dunia, Izhak lebih memilih mengurus sembilan adiknya yang masih kecil. Sebagai anak sulung, Izhak merasa bertanggung jawab menghidupi keluarganya dan mengubur cita-citanya menjadi seorang Sarjana Kimia.

Putus Kuliah Demi Hidupi Adik, UT Majene Beri Beasiswa Penuh pada IzhakArifin mengatakan, dari kepedulian Universitas Terbuka kepada masyarakat berprestasi dan kurang mampu, sehingga pihaknya memberikan Beasiswa Bidikmisi kepada Muhammad Izhak untuk melanjutkan kuliahnya di Universitas Terbuka Majene.

"Anak ini cerdas, dia sangat ingin kuliah hanya saja keterbatasan biaya dan harus mengurus adiknya membuatnya berhenti kuliah. Sehingga di sini kami berikan bantuan beasiswa agar dia bisa berkuliah lagi," ujarnya Arifin Tahir, Kamis (11/1/2018).

Saat ini, Izhak mengambil Sistem Paket Semester (SIPAS) dengan pilihan Jurusan Akuntansi di UT Majene. Program SIPAS ini adalah sistem penawaran program studi di mana seluruh mata kuliah yang ditempuh dalam struktur kurikulum ditata dan ditawarkan secara paket dalam setiap semester. 

Peserta Program SIPAS adalah mahasiswa yang memenuhi persyaratan sebagaimana yang tercantum dalam Katalog UT tahun berjalan, dalam format kerja sama beasiswa dan/atau kelompok.

"Sekarang ini, dia (Izhak) sementara melakukan registrasi. Untuk beasiswa nya akan diberikan hingga delapan semester (hingga kuliah selesai)," tutupnya.