Senin, 08 Januari 2018 15:18 WITA

Politeknik ATI Makassar Siap Cetak SDM Unggul di Sektor Industri

Penulis: Nur Izzati
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Politeknik ATI Makassar Siap Cetak SDM Unggul di Sektor Industri
Direktur Politeknik ATI Makassar, Amrin Rapi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Keberadaan tenaga kerja sektor industri di Kawasan Indonesia Timur masih sangat dibutuhkan. Menyadari hal itu, Politeknik ATI Makassar terus berupaya dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dalam dunia kerja, khususnya dalam bidang teknologi industri dan manufaktur.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Amrin Rapi, menyebutkan beberapa hal yang saat ini menjadi prioritasnya. Diantaranya menjadikan Politeknik yang dipimpinnya ini pusat penyedia tenaga kerja sektor industri manufaktur, mengembangkan pelaksanaan penelitian (research and development), serta menjadi pusat pelayanan industri.

"Secara internal, tentu kita juga lakukan peningkatan, baik kepada civitas akademik maupun sarana dan prasarana yang ada," ujarnya, Senin (8/1/2018).

Menurutnya, saat ini, perkembangan sektor industri di kawasan Indonesia Timur masih jauh bila dibandingkan dengan Kawasan Indonesia Barat. Makanya, kata Amrin, SDM yang berkompeten banyak tersebar di kawasan tersebut.

"Kita didorong untuk melayani kebutuhan SDM yang siap terjun dalam sektor industri. Disamping itu, kita juga diarahkan dalam pelaksanaan kerjasama dengan industri-industri, baik itu berupa pengembangan pendidikan maupun penempatan kerja," jelasnya.

Imran mengaku, pihaknya siap dalam menghasilkan SDM yang berkompeten dalam dunia kerja. Sehingga mata kuliah yang diberikan kepada seluruh mahasiswanya disesuaikan dengan kebutuhan setiap industri.

"Tidak sedikit masyarakat yang belum paham, bahwa ada pendidikan yang mengarah pada akademik dan vokasi. Kalau akademik itu lebih kepada pengembangan disiplin ilmu, dan teknologi tertentu, tapi kalau vokasi lebih ke penguasaan keahlian terapan tertentu," terangnya.