Kamis, 04 Januari 2018 08:06 WITA

None Berjuang Agar Guru Dapat Tukin

Editor: Almaliki
None Berjuang Agar Guru Dapat Tukin
Ilustrasi anak sekolah.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel, Irman Yasin Limpo, terus memperjuangkan kesejahteraan para guru, setelah pakasi dihapuskan dan digantikan oleh Tunjangan Kinerja (Tukin).

None bilang, pihaknya siap mengawal proses penyusunan Tukin ini. Apalagi sebelumnya, guru telah mendapatkan tunjangan pakasi dari Pemprov Sulsel.

"Siapapun ASN yang memiliki kinerja, harus dihitung, termasuk guru. Sama dengan dokter, meski sudah terima tunjangan medik, tetap bisa dapat TPP. Jadi guru yang bersertifikasi juga harus begitu," tegasnya.

None berharap, tak ada perbedaan antara guru dengan pegawai lainnya. Apalagi saat ini, jumlah guru yang mendapat tunjangan sertifikasi, baru 8 ribu lebih dari 16 ribu guru PNS.

Selain itu, tunjangan non sertifikasi yang diterima Rp100 ribu per bulan, telah dihapus pemerintah. "Kalau mau hitung beban kerja guru, silakan hitung jumlah muridnya atau jam mengajarnya," katanya.

Sementara Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, menjamin semua ASN yang ada akan mendapatkan Tukin, termasuk guru dan tenaga kependidikan di SMA, SMK dan SLB. Hanya saja, untuk nilainya masih dihitung.

"Saya sangat setuju, yang penting jangan kurangi jumlah tunjangan. Kalau naik, saya setuju. Guru tidak ada masalah juga, harusnya. Kita harus siapkan sesuai tahapan anggaran," jelasnya.