Selasa, 02 Januari 2018 11:26 WITA

Mahasiswa Universitas Papua Praktik Lapangan di FTI-UMI

Editor: Andi Chaerul Fadli
Mahasiswa Universitas Papua Praktik Lapangan di FTI-UMI

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Puluhan mahasiswa dan civitas akademi dari Universitas Papu (Unipa) menggelar praktikum dan fieldtrip di Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI), 2-9 Januari 2018.

Kampus di Manokwari, Papua Barat ini mengirim 24 mahasiswa, serta 2 dosen pendamping Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTPP). Kegiatan ini sebagai implementasi MoA antara FTI UMI dengan FTPP Unipa yang telah ditandatangani tahun 2016 lalu.

"Teknik Pertambangan FTI UMI kini merupakan salah satu favorit di Kawasan Timur Indonesia. Apalagi FTI UMI sekarang memiliki prodi andalan yaitu Program Profesi Insinyur pertama menghasilkan alumni di Indonesia dan telah memperoleh penghargaan dari MURI," ujar Wakil Dekan II FTPP Unipa, Jance Murdani Supit.

Selama sepekan di Makassar, mahasiswa FTPP Unipa akan mengikuti fieldtrip di Kampus Lapangan, Dusun Palludda Desa Pattappa, Kecamatan Pujananting, Barru. 

Mahasiswa Universitas Papua Praktik Lapangan di FTI-UMI

"Serta mengikuti praktikum di Laboratorium Jurusan Teknik Pertambangan di Kampus 2 FTI UMI Makassar," ujar Sekretaris Prodi Teknik Pertambangan FTI UMI, Nurliah Djafar.

Dalam acara penyambutan ini, hadir Wakil Dekan I FTI UMI Andi Pawennari, Ketua Prodi Teknik Pertambangan FTI UMI Hasbi Bakri, dan para dosen di Lingkungan Teknik Pertambangan FTI UMI. 

Kerjasama FTI UMI dengan beberapa lembaga pendidikan di Papua saat ini gencar dilakukan. SMK Geologi Pertambangan Sorong hingga kini telah menjadwalkan Gelombang ke 3 pengiriman Siswa mengikuti Pendidikan Sistem Ganda di Prodi Pertambangan FTI UMI. Termasuk juga kegiatan Penerimaan Pegawai PT Freeport Papua yang baru saja berjalan. 

"Insya Allah pada bulan Februari 2017 nanti, Universitas Cendrawasi Papua akan melaksanakan kegiatan yang sama. Sinergi seperti ini adalah bagian dari ikhtiar UMI menjaga komitmen membangun sumber daya manusia bidang industri di Kawasan Timur Indonesia," jelas Dekan FTI UMI, Zakir Sabara.

Tags