Kamis, 28 Desember 2017 18:06 WITA

Makassar Kekurangan 2.500 Guru

Editor: Fathul Khair Akmal
Makassar Kekurangan 2.500 Guru
Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Ismunandar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Pendidikan (Dinkes) Kota Makassar, Ismunandar mengakui, sekolah negeri di Makassar, kekurangan guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 2500.

"Sekolah yang paling membutuhkan penambahan guru, yaitu berada di tingkat Sekolah Dasar (SD), yakni sekira 70 persen dari total kekurangan guru kita," ungkap Ismunandar saat ditemui di Kantor Disdik Makassar, Kamis (28/12/2017).

Ismunandar menambahkan, jumlah guru di Kota Makassar saat ini, baik di tingkat SD maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP), saat ini berjumlah 6000 orang.

Kekurangan guru di Kota Makassar, kata Ismunandar, sebagai akibat tidak adanya pengangkatan guru dalam lima tahun terakhir. Sementara masa purnabakti dari guru PNS terus berjalan.

Salah satu upaya Disdik Kota Makassar untuk menyiasati kekurangan guru, lanjut Ismunandar, yakni dengan mengangkat guru honorer.

"Dengan pengangkatan ini, guru-guru honor utamanya dengan masa kerja diatas empat tahun, bisa kita usulkan sebagai penerima sertifikasi dari Pemkot Makassar," pungkasnya.