Kamis, 28 Desember 2017 12:09 WITA

Kejar Gelar Profesor, SYL: Semua Syarat Akademis Sudah Saya Lewati

Editor: Mulyadi Abdillah
Kejar Gelar Profesor, SYL: Semua Syarat Akademis Sudah Saya Lewati
Syahrul Yasin Limpo

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) kian mantap mengejar gelar profesor usai masa jabatannya berakhir pada April 2018 mendatang. 

Diketahui, SYL sudah bergelar Doktor (S3) dari Universitas Hasanuddin bidang hukum pada 2013 silam. 
Ia mengaku senang mengajar atau membawakan kuliah umum di setiap kampus atau universitas di Indonesia hingga luar negeri. 

"Setelah ini saya ingin raih gelar profesor apalagi setelah semua syarat akademis sudah saya lewati dan saya punya bintang dan sudah menulis 16 buku," ucap SYL, Kamis (28/12/2017). 

Rencananya, mantan bupati Gowa dua periode ini akan mengangkat tesa, antitesa dan sintesa tentang karakter budaya Bugis Makassar menjadi pemimpin. 

"Saya mau membangun tesa antitesa bagaimana karakter budaya Bugis Makassar mampu menjadi penopang dengan model teori dan implementasi karakter," paparnya. 

Kejar Gelar Profesor, SYL: Semua Syarat Akademis Sudah Saya Lewati

Menurutnya, karakter orang Bugis Makassar ketika menjadi seorang pemimpin memiliki agama yang baik, menjunjung tinggi masalah adat istiadat tidak sombong, jujur yang paling penting harus cerdas. 

"Karena orang cerdas itu tidak tinggal diam selalu bergerak mau menemui resiko dan ulet dalam bekerja, seperti itu cerminan karakter seorang pemerintah atau pemimpin Bugis Makassar," urai Ketua APSSI ini. 

Bukan hanya itu, menurutnya, pemerintah yang baik mampu menemukan kebutuhan dan harapan masyarakatnya, bagaimana ia mampu pecahkan masalah bersama masyarakat dan bagaimana menjaga suasana yang kondusif. "Sehingga seorang pemerintah atau pemimpin akan dipercaya oleh rakyatnya," demikian SYL.