Senin, 11 Desember 2017 08:26 WITA

Guru Besar Unhas: Disertasi IYL Bisa Jadi Referensi Pengembangan Kualitas Pendidikan

Editor: Mulyadi Abdillah
Guru Besar Unhas: Disertasi IYL Bisa Jadi Referensi Pengembangan Kualitas Pendidikan
Foto: IST

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pakar Hukum Tata Negara Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Prof Dr Pangerang Moenta SH MH, ikut memberi pujian atas perhatian dan kepeduliaan Ichsan Yasin Limpo (IYL) terhadap pengembangan kualitas pendidikan di tanah air.

Bagi guru besar Fakultas Hukum ini, pengalaman dan terobosan IYL dalam menerapkan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) di Gowa saat menjadi Bupati, bisa dikembangkan lebih luas.
 
Apalagi, Ichsan yang sudah melakukan studi komparasi di tujuh negara tentang sistem pendidikan dasar di tujuh negara untuk kepentingan disertasi gelar doktor, hasilnya bisa dijadikan salah satu referensi.

"Penguatan-penguatan dari hasil penelitian untuk disertasi (gelar doktor IYL), itu bisa dijadikan masukan dalam pengembangan SKTB," papar Pangerang saat memberikan pandangannya di FGD Pengembangan SKTB di Hotel Sheraton Makassar, pekan lalu.

Bagi dia, hasil penelitian Ichsan tersebut, juga patut dipertimbangkan untuk pengembangan dibeberapa lokasi di Gowa. Bahkan, jika hasilnya jauh lebih baik, maka itu bisa diterapkan secara umum.

"Kalau memang masukan (IYL) untuk pengembangan SKTB hasilnya justru lebih bagus lagi, maka kenapa tidak untuk diterapkan," sarannya.

Guru Besar Unhas: Disertasi IYL Bisa Jadi Referensi Pengembangan Kualitas Pendidikan

Sekadar diketahui, IYL yang dalam waktu dekat akan menjalani ujian hasil penelitian disertasi gelar doktornya, selama ini dikenal sebagai salah satu sosok yang punya perhatian terhadap pendidikan.

Ide dan gagasan brilian IYL terhadap pendidikan selalu mengundang decak kagum dari sejumlah guru besar pendidikan di Indonesia. Bahkan mantan Ketua Tim Pengembangan Kurikulum Indonesia, Prof Dr Said Hamid Hasan, justru lebih mendorong Ichsan menjadi menteri.

Selain itu, saat FGD yang melibatkan sejumlah guru besar dan pemerhati pendidikan, IYL banyak mendapat support atas gagasan dan perhatiannya terhadap pendidikan. Mulai dari mantan Staf Ahli Menteri Pendidikan, Prof Bambang, Ketua PGRI Sulsel, Ketua Dewan Pendidikan Sulsel, dan Pakar Administasi Tata Negara, Prof Dr Aminuddin Ilmar.