Rabu, 06 Desember 2017 16:53 WITA

Rektor UMI Kunjungi Mahasiswa Fakultas Kedokteran di Lokasi KKN

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Rektor UMI Kunjungi Mahasiswa Fakultas Kedokteran di Lokasi KKN

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Segenap petinggi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melakukan kunjungan KKN Mahasiswa Fakultas Kedokteran, di Puskesmas Mamajang, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, Rabu (6/12/2017).

Kepala Puskesmas Mamajang dr Amirah, menyambut hangat kunjungan rombongan UMI yang terdiri dari Rektor Universitas Muslim Indonesia, Prof Masrurah Mokhtar, Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Syahnur Said, Dekan Fakultas Kedokteran Prof Syarifuddin Wahid, Wakil Dekan I FK Dr  Nasaruddin, Ketua LPMD Prof Salim Basalamah, dan Sekretaris LPMD Abdul Rauf Assagaf. 

Dalam sambutannya, Prof Masrurah mengatakan, pelaksanaan KKN ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan empati dan kepedulian civitas akademika UMI, khususnya mahasiswa terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat melalui kegiatan pengabdian.

"Ini tentunya bertujuan untuk dapat mencerdaskan kehidupan bangsa,  mewujudkan kesejahteraan dan kesehatan bagi masyarakat," ujarnya.

Rektor UMI Kunjungi Mahasiswa Fakultas Kedokteran di Lokasi KKNWanita yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Dosen Indonesia Sulsel ini menambahkan, program KKN diharapkan dapat melahirkan pribadi yang tangguh, unggul, berkepribadian mulia, serta dapat menjadi pribadi yang luar biasa.

"Berbagai kegiatan yang dikemas secara strategis, untuk menyelesaikan permasalahan secara tuntas dan dilaksanakan bersama dengan masyarakat," tambahnya.

Sementara itu, Koordinator KKN FK UMI, dr Faisal Sommeng mengungkapkan, kegiatan KKN yang berlangsung selama 30 hari ini ditempatkan di 12 Puskesmas, 11 kecamatan se Kota Makassar. Dimana, jumlah mahasiswa KKN khusus Fakultas Kedokteran berjumlah 139 orang, terdiri dari laki-laki 40 orang laki-laki dan wanita 99 orang. 

"Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMI turun di tengah-tengah masyarakat dengan program KKN sejak tanggal 18 November 2017. Mereka telah melaksanakan beberapa kegiatan sesuai hasil survey kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan yang dilakukan antara lain, melaksanakan penyuluhan asam urat, road to school, skrining kusta, penyuluhan P2 Narkoba dan HIV AIDS, penyuluhan cerdik menghindari OA, penyuluhan bantuan hidup dasar, senam prolanis (program pengelolaan penyakit kronis), peduli kesehatan mata untuk anak sekolah, serta melakukan pendataan IKS,.

Di akhir pertemuan itu, Kepala Puskesmas Mamajang, dr Amirah mengucapkan rasa terima kasihnya terhadap pimpinan universitas dan khusus pimpinan fakultas, yang telah menempatkan mahasiswa FK UMI ber KKN di 12 puskesmas se kota Makassar. 

"Anak-anak mahasiswa KKN UMI, luar biasa begitu terampil dan cekatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan sangat membantu program pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Semoga program kerjasama pelibatan mahasiswa KKN UMI dapat terus berlanjut, karena kehadiran mereka sangat bermanfaat di tengah-tengah masyarakat," paparnya.