Selasa, 05 Desember 2017 15:27 WITA

Pangdam XIV Berikan Ilmu Polhankam ke Mahasiswa Unismuh

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pangdam XIV Berikan Ilmu Polhankam ke Mahasiswa Unismuh

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pangdam XIV/ Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti memberikan mata kuliah Politik Pertahanan dan Keamanan (Polhankam) ke mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, di ruang Bina Yudha Makodam, Selasa (5/12/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Agus mengatakan, zaman sekarang dan dulu kewenangan TNI itu berbeda. Menurutnya, saat ini TNI bukan lagi sosok yang harus ditakuti, karena sekarang TNI bersahabat dengan rakyat.

"TNI sudah terbuka, sesuai dengan mottonya, yakni TNI akan kuat apabila bersama rakyat," kata dia, Selasa (5/12/2017).

Adapun ruang lingkup yang disampaikan dalam kuliah tersebut, di antaranya perkembangan lingkungan strategis, Indonesia di era kompetisi global, sistem pertahanan negara, ancaman aktual saat ini. Serta peran mahasiswa dalam memantapkan wawasan kebangsaan. 

"Tidak ada satupun negara di dunia yang tidak terkena globalisasi. Di era globalisasi, konflik global merupakan sarana yang dilakukan untuk menguasai suatu wilayah, baik itu energi, pangan, maupun air," jelas dia.

Ia juga menuturkan, tupoksi TNI yakni menegakkan kedaulatan, menjaga NKRI, dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

"Saat ini, peperangan bukan lagi solusi terbaik dalam mengatasi konflik bangsa, karena ancaman aktual saat ini di era kompetisi global. Merujuk pada masalah sosial seperti hedonisme, LGBT, berita hoax, narkoba, tawuran, geng motor, korupsi, PKI dan terorisme," kata dia.

Kuliah luar yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Fisip tersebut turut didampingi oleh salah satu dosennya, yakni Arqam Azikin yang juga sebagai pengamat politik.